Sambut Ramadhan dengan Aktifitas Positif

Kab. Pekalongan – Pagi terlihat begitu cerah. Keluarga besar MTs N 1 Pekalongan menutup kegiatan pembelajaran sebelum libur awal Ramadan dengan kegiatan aktifitas positif. Setelah selesai sholat dhuha bersama, di lanjutkan saling bermaafan antar siswa dengan guru/pegawai dan Kepala madrasah, antar siswa dengan siswa, dan antar guru/pegawai serta Kepala madrasah. Jum’at, 01/04/2022

Kegiatan bermaaf-maafan antar siswa dengan guru/ pegawai dan kepala madrasah serta sesama siswa dilakukan di halaman madrasah tepatnya di lapangan basket. Sebelum kegiatan tersebut dilakukan, Kepala MTs N 1 Pekalongan Drs. H.Mukhlisin, Dip.Ed usai menjadi Imam sholat dhuha memberikan pembinaan.

Dalam penyampaian pembinaannya, beliau mengajak seluruh siswa untuk menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan penuh iklhas dan kesabaran. Sebelum berpuasa ramadhan seluruh siswa untuk memohon maaf pada kedua orang tua dan bapak ibu guru, saudara, tetangga, dan teman-teman.

“Mari kita menyambut bulan Ramadan ini dengan sama-sama mensucikan hati dan diri, saling memaafkan. Nantinya sesampai di rumah sebelum Ramadan datang, kita harus minta maaf kepada orang tua dan keluarga yang lainnya serta tetangga. Sampaikan juga maaf bapak dan ibu guru serta pegawai kepada orang tua kalian masing-masing.” saran H.Mukhlisin.

Setelah kegiatan pengarahan tersebut, dilanjutkan dengan bersalaman antar siswa dengan kepala madrasah, guru, dan pegawai. Mereka berdiri memanjang ke samping sehingga seluruh siswa secara bergantian menyalami mereka dengan tertib dan teratur. Setelah itu, semua siswa pun saling bermaafan. Semua guru,pegawai juga memohon maaf pada kepala madrasah, dilanjutkan bapak ibu guru semua beserta para pegawai  juga saling bermaaf-maafan bila sekiranya selama berada di madrasah ini, saling mempunyai kesalahan.

Selain bermaaf-maafan seluruh keluarga besar MTs N 1 Pekalongan melakukan kegiatan senam bersama dengan instruktur Khomsatun Khasanah, S.Pd dan Sad Titi Setyowati, S.Pd. Kegiatan senam ini untuk menjaga kebugaran tubuh, siswa MTs N 1 Pekalongan melakukan senam bersama di halaman madrasah juga.

Salah satu guru olahraga Risdianto,S.Pd mengatakan senam merupakan bentuk kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kebugaran tubuh, sehingga anak-anak merasa sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

“Senam adalah salah satu upaya meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan virus atau bakteri yang menyebabkan penyakit. Jika anak -anak sehat mereka dapat belajar dengan baik mereka juga akan menjalankan puasa bulan ramadhan dengan lancar.” ujar Risdianto.

Setelah melakukan senam bersama para guru, pegawai serta siswa/siswi MTs N 1 Pekalongan melanjutkan dengan kebersihan. Kegiatan kebersihan tersebut bertujuan untuk memupuk kesadaran setiap individu dalam menjaga kebersihan, sehingga akan tercipta lingkungan yang bersih dan sehat.

Waka Sarpras Teguh Cipto Yuwono, S.Pd menyampaikan bahwa sudah sepantasnya kami berpartisipasi dalam memelihara kebersihan lingkungan madrasah. Apalagi sebentar lagi memasuki bulan Ramadan, selain menyucikan hati kita juga harus bersih lingkungan di mana kita berada.

“Kita selaku warga madrasah wajib turut andil dalam memelihara kebersihan madrasah, terutama di momen menyambut Ramadan yang sebentar lagi tiba,” ungkapnya. “Salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menanamkan nilai-nilai peduli  lingkungan terhadap peserta didik, agar ke depannya siswa MTs N 1 Pekalongan  dapat membiasakan diri dalam menjaga kebersihan lingkungan.” sambungnya.(IY-US/Ant/bd).