Sapa Desa, Layanan Inovatif KUA Kec. Srumbung

Kota Mungkid – KUA Kecamatan Srumbung Kab. Magelang me-launching Program Inovasi SAPA DESA (Safari Pelayanan Agama di Desa), Jumat, (01/04/2022) di KUA Kec. Srumbung Kab. Magelang.

Program ini dikelola oleh Penyuluh Agama Islam yang tergabung dalam Forum Komunikasi Penyuluh Agama Islam (FKPAI) Kec. Srumbung. Melalui Sapa Desa, Penyuluh Agama Islam memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui 3 program unggulan  yaitu Pelatihan Perawatan Jenazah Perempuan (PPJP), Layanan Dakwah Ramadhan (LDR), serta Optimalisasi Pengelolaan Kemasjidan dan Zakat.

Penyuluh Agama Islam Fungsional, Fauzi Nurhadi, menyampaikan bahwa meskipun dilaunching menjelang Ramadhan tahun ini, program Sapa Desa akan berlangsung sepanjang tahun.

“Program ini dilaksanakan dengan sistem jemput dan tangkap bola, artinya kami secara aktif hadir di tengah-tengah masyarakat tetapi kami juga melayani di kantor, sehingga diharapkan hasilnya lebih optimal,” kata Fauzi.

Bentuk kegiatan program Layanan Dakwah antara lain permintaan narasumber kultum, layanan konsutasi misalnya pelayanan haji, wakaf, zakat, produk halal, keluarga sakinah, radikalime dan lain-lain sesuai spesialisasi penyuluh agama.

“Semua bentuk permintaan layanan masyarakat kita layani. Baik melalui face to face, atau melalui aplikasi yang sudah kita siapkan. Semuanya akan kita layani dengan baik. Rencana setelah Ramadhan tetap akan kita selenggarakan,” katanya.

Sedangkan untuk program Optimalisasi Pengelolaan Kemasjidan dan Zakat, antara lain fasilitasi pemberian ID Masjid, pembinaan Takmir Masjid melalui kegiatan pembinaan SDM Takmir dan peningkatan kompetensi imam dan khotib Jumat.

Kepala KUA Kec. Srumbung, Mustaqim, menyampaikan semua layanan Sapa Desa bias dinikmati masyarakat secara gratis.

“Program ini merupakan salah satu bentuk inovasi pelayanan kepada umat atau masyarakat yang secara aktif dilakukan oleh KUA Srumbung ke desa desa dan dilaksanakan secara berkesinambungan bukan hanya di bulan Ramadhan, tetapi juga diluar Ramadhan, dan layanan-layanan tersebut semua gratis,” kata Mustaqim.

Program layanan SAPA Desa bekerja sama dengan Kecamatan Srumbung, Kepala Desa, TPPKK, PKK Desa dan organisasi kemasyarakatan di wilayah kecamatan Srumbung.(m45k/Sua).