Sejukan Hati Dengan Al-Qur’an, Serta Tingkatkan Iman Di Bulan Ramadhan

Sambutan Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Yaqut saat menghadiri peringatan Nuzulul Qur’an yang berlangsung di Jakarta, pada hari Selasa (19/4).

Semarang (Humas) – Peringatan Nuzulul Qur’an, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kementerian Agama (Kemenag) RI beserta seluruh keluarga besar se – Indonesia menyelenggarakan Ceramah  dan Khataman Qur’an. Dharma Wanita Persatuan Kanwil Kemenag Prov. Jateng turut hadir dalam kegiatan tersebut secara virtual di Ruang Teleconference Lt. 3 Kanwil Kemenag Jateng.

Penasehat DWP Kemenag RI, Eny Yaqut mengatakan bahwa membaca Al-Qur’an merupakan kebutuhan yang akan menghadirkan ketenangan dan keteguhan hati. Hal ini disampaikan Eny Yaqut saat mengadiri peringatan Nuzulul Qur’an DWP Kemenag secara luring di Jakarta, Selasa (19/4).

Dalam konteks kekinian, Eny juga mengatakan bahwa umat Islam perlu menjaga agar Al-Qur’an tetap hadir dan tumbuh dalam kehidupan sehari-hari. Ketika banyak menjadi tantangan dan rintangan, membaca Al-Qur’an merupakan jalan yang terbaik untuk mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta, Allah SWT “Tradisi mengaji Al-Qur’an telah menjadi bagian dari tradisi di seluruh pelosok nusantara. Kita mengenal beberapa istilah, seperti sema’an, sorogan, dan lainnya. Di tempat saya namanya nderes dan di bulan Ramadan ini kegiatan tadarus Al Qur’an mengalami peningkatan seiring dengan naiknya spirit bulan Rahmat sebagai julukan dari bulan Ramadan,” tutur Eny.

“Ketika beraktivitas, kita menemukan banyak dinamika kehidupan yang tidak jarang kita lakukan dengan emosi dan tidak jarang bertemu dengan titik dan ruang yang membuat kita terpuruk. Untuk itu, mendekatkan diri kepada Allah melalui membaca Al-Qur’an adalah sesuatu kebutuhan. Al-Qur’an telah diakui sebagai Al-Huda atau sebagai petunjuk. Al-Qur’an berisi tentang aturan dan larangan yang harus dipedomani manusia agar semua terhindar dari kesengsaraan di dunia dan di akhirat,” imbuhnya.

Selain itu, Ketua DWP Kemenag RI, Farikhah Nizar Ali dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Nuzulul Qur’an ini merupakan rangkaian dari kegiatan Gebyar Ramadhan 1443 H yang mengusung tema “Ramadhan dan Al-Qur’an sebagai Madrasah Membentuk Akhlak Keluarga”. Sebelumnya, DWP melakukan beberapa kegiatan di antaranya bantuan sembako.

Kegiatan Nuzulul Qur’an DWP dilaksanakan secara luring dan daring dan ikuti oleh pengurus DWP pusat dan daerah seluruh Indonesia. Turut Hadir, Wakil Penasehat DWP Kemenag RI, Halimah Zainut Tauhid dan Imam besar Masjid Istiqlal Nazaruddin, KH. Nasaruddin Umar sebagai narasumber. (d/rf)

Ketua DWP, Linda Musta’in Ahmad turut hadir dalam kegiatan peringatan Nuzulul Qur’an secara daring di dampingi oleh DWP Kanwil Kemenag Prov. Jateng.