Semarak Kegiatan Pesantren Ramadhan MTs Ma’arif Karanganyar Tahun 2022

Kab. Pekalongan – Bulan ramadhan adalah bulan penuh rahmat, dimana umat Islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh. Pada bulan puasa ini dimanfaatkan oleh sekolah/madrasah untuk melaksanakan kegiatan keagamaan yang dikenal dengan Pesantren Ramadhan/Pesantren Kilat. MTs Ma’arif Karanganyar mengadakan kegiatan Pesantren Ramadhan selama dua hari yaitu hari Senin – Selasa ( 25 – 26 April 2022).

Peserta pesantren ramadhan adalah semua siswa kelas 7,8 dan 9. Kegiatan dilaksanakan di kelas masing-masing sebagai tempat kegiatan tadarus Al Qur’an sedangkan untuk pemberian materi, semua siswa dikumpulkan di ruang kelas 8A dan 8B dengan membuka penyekat kelas.

Dalam sambutannya Waka Kurikulum Anwar Fathoni, S.Pd.I, menyampaikan bahwa seluruh siswa yang mengikuti pesantren ramadhan harus betul-betul mengikuti kegiatan dengan sungguh – sungguh.

“Kami harapkan para siswa peserta pesantren untuk sungguh-sungguh dalam mengikuti kegiatan ini, agar bertambah wawasannya serta dapat mengamalkan ilmunya dalam kehidupan sehari-hari.” harapnya.

Kegiatan Pesantren Ramadhan, diawali dengan kegiatan tadarus Al-Qur’an yang berlangsung pukul 07.30 – 08.30 WIB yang didampingi wali kelas masing – masing, dilanjutkan kegiatan pemberian materi. Untuk hari Senin 25 April 2022 materi pertama pukul 09.15- 10.15 yang diisi oleh Dian Mashadi, S.H  dari Polsek Karanganyar tentang “Upaya Penanggulangan Kenakalan Remaja”. Materi kedua pukul 10.15 – 11.15 WIB tentang “Menjemput Lailatul Qadar” oleh Siti Kharizah, S. Ag. Selasa, 26 April 2022, untuk materi pertama “Uzur Puasa” oleh Anwar Fathoni, S.Pd.I, materi kedua “Keutamaan Ramadhan” oleh Saifur Rohman,S.Ag.

Para siswa mengikuti kegiatan pesantren Ramadhan dengan antusias dan penuh semangat. Semoga kegiatan ini benar-benar bermanfaat dan dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. (Msn/Ant/bd).