Siswa Madrasah Ikuti Pelatihan Penulisan Artikel Populer

Kota Mungkid – Siswa MAN 1 dan MAN 2 Magelang mengikuti Pelatihan Penulisan Artikel Populer bagi Siswa SMA, MA dan SMK di Gedung Grga Seba Pustaka, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispuspa) Kabupaten Magelang, Jumat, 22/04/2022.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, merupakan salah satu implementasi Trasnformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial yang merupakan salah satu program Dispuspa Kabupaten Magelang.

Pengawas Pendidikan MA, Erni Triani, selaku Pembina, menyampaikan bahwa jejaring antara Dispuspa dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Magelang telah berjalan dengan baik dan membawa dampak positif bagi perkembangan madrasah.

“Dalam jejaring Dispuspa dengan Kemenag telah terbina dengan baik sehingga setiap Dispuspa melaksanakan program kegiatan tertentu, maka Kementerian Agama Kabupaten Magelang diberi kesempatan untuk berpartisipasi, salah satunya adalah kegiatan tersebut,” kata Erni.

“Jumlah peserta pelatihan sebanyak 30 siswa. Untuk MAN 1 dan MAN 2 masing-masing 5 siswa mengikuti kegiatan tersebut,” lanjutnya.

Erni berharap kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kompetensi menulis.

“Kemampuan yang dimiliki dapat dikembangkan untuk mengikuti kegiatan lomba,” harapnya.

Para peserta mengikuti kegiatan dengan serius dan masing-masing membawa laptop karena sistem pelatihan selain teori juga praktik. Narasumber pelatihan adalah Ketua Persatuan Wartawan (PWI) Kabupaten Magelang, Subagyo.

Dalam memberikan teknik pelatihan, para peserta diberikan kesempatan untuk langsung menanyakan persoalan yang dihadapi baik substansi maupun teknik penulisan. Target pelatihannya adalah peserta diharapkan dapat menghasilkan minimal satu artikel popular.(m45k/Sua)