Pesantren Lapas

Sukseskan Pesantren Kilat Lapas Kemenag Terjuankan Penyuluh Agama

Wonogiri – Dalam rangka sinergitas dan tingkatkan kualitas pemahaman keagamaan warga binaan, Lapas kelas II B Kabupaten Wonogiri menggandeng Kantor Kementerian Agama Kabupaten Wonogiri laksanakan kegiatan Pesantren Kilat Lapas Ramadan 1443 H / 2022 H.

Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam Kankemenag Wonogiri, H. Mursidi ketika di temui di ruang kerjanya, Rabu (06/04) menyampaikan bahwa Kantor Kementerian Kabupaten Wonogiri melalui Seksi Bimas Islam di minta untuk memberikan materi dalam kegiatan Pesantren Kilat Lapas Ramadan 1443 H / 2022 H bagi warga binaan Lapas Wonogiri.

Selanjutnya Bimas Islam Kankemenag Wonogiri menerjunkan para penyuluh agama Islam yang tergabung dalam Pokjaluh untuk memberikan bimbingan adalam acara tersebut.

Menurut H. Mursidi Pesantren kilat ini sebagai sarana peningkatan kualitas keagamaan dan praktek ibadah dalam usaha menuju pribadi yang lebih baik.

“Pesantren kilat ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya kerjasama Lapas dengan kankemenag Wonogiri, sebagai tempat pengamblengan warga binaan menuju pribadi yang lebih baik dengan pemahaman agama dan praktek ibadah yang lebih baik pula” Jelas Mursidi.

Adapun kelas pesantren di bagi 2 antara yang putra dan putri, materi yang di sampaikan antara lain dzikir pagi, aqidah, BTA, wawasan kebangsaan, fiqih puasa dan moderasi beragama, adapunpelaksanaanya selama 10 kali pertemuan.

Sedangkan Ka. Kankemenag Wonogiri, H. Anif Solikhin memberikan apresisiasi terhadap sinergitas antar lembaga tersebut, beliau berharap kedepan kegiatan pembinaan keagamaan di lapas ini bisa secara rutin di selenggarakan sekaligus mampu memberdayakan penyuluh agama Islam di Kementerian Agama Wonogiri.

Selain itu dengan menugaskan penyuluh agama Islam, karena mereka  mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam melaksanakan kegiatannya, mempunyai fungsi informatif dan edukatif yaitu memposisikan sebagai da’i yang berkewajiban menda’wahkan Islam, menyampaikan penerangan agama dan mendidik masyarakat dengan sebaik-baiknya sesuai ajaran agama.

 “Semoga peran dan sinergitas institusi Kankemenag Wonogiri di masa pandemi covid-19 ini bisa di rasakan kontribusinya dalam membangun mental spiritual umat serta menjadi perekat ukhuwah” tegas Anif.(mursid-kwt/Sua)