Tetap Berprestasi di Bulan Ramadhan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kab. Pekalongan-Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Berpuasa dan memperbanyak ibadah di bulan suci ini, nyatanya tidak menjadi penghalang bagi siswa-siswa MTsN 2 Pekalongan dalam belajar dan berprestasi. Terbukti, pundi-pundi prestasi kembali bertambah.

Pada awal April ini, bertepatan dengan hari pertama berpuasa Ramadhan, 5 siswa berhasil merebut 16 medali di sebuah kompetisi akademik tingkat nasional bertajuk “Science League Competition” (SLC) 2022 untuk kategori SMP/MTs. Kompetisi yang berlangsung pada Ahad, 3 April 2022 itu diselenggarakan oleh PT Event Cerdas Nusantara. Terdapat 6 mapel yang dilombakan, yakni Bahasa Indonesia, IPA, IPS, Matematika, PAI dan PKn. Seluruh peserta mengakses soal-soal yang disajikan secara online menurut panduan yang diberikan sebelumnya oleh panitia.

Berdasarkan pengumuman yang dirilis pada 4 April 2022 melalui media sosial penyelenggara, 5 siswa MTsN 2 Pekalongan ditetapkan sebagai peraih medali. Mereka semua merupakan siswa kelas 8A. Berikut rinciannya:1).Rilza Dwi Aprilia, berhasil memborong 5 medali sekaligus, yakni 3 medali Emas pada mapel IPA, IPS dan PKn, 1 medali Perak mapel PAI serta 1 Perunggu pada mapel matematika; 2).Naily Murodah, juga meraih 5 medali. 1 Emas mapel PKn, 2 Perak masing-masing pada mapel Matematika dan PAI, serta 2 Perunggu dari mapel IPA dan Bahasa Indonesia; 3).Rico Juliansyah,  meraih 2 medali Perak yakni berasal dari mapel IPA dan PAI; 4).Virna Anindia Anjani, memperoleh 2 medali yakni 1 emas dari mapel PKn dan 1 perak mapel PAI; 5).Sriana Rahmadhani, merebut 2 medali yaitu 1 medali emas dari mapel PKn serta 1 medali perak pada mapel IPS.

Jadi total perolehan 16 medali (6 emas, 7 perak, 3 perunggu) telah dipersembahkan untuk madrasah oleh kelima siswa berbakat tersebut.

Salah satu dari mereka, Virna menuturkan pengalamannya ketika mengikuti SLC. Sebelumnya, ia mengaku belum pernah mengikuti kompetisi yang diselenggarakan oleh PT Event Cerdas Nusantara.

Prestasi yang diraih teman-temannya seperti Rilza, Naily maupun Rico telah menjadi motivasi bagi virna untuk juga mencoba mengasah kemampuan. Apalagi proses pendaftaranya tergolong mudah dan gratis. Alhasil, iapun memberanikan mendaftar melalui link yang disediakan di akun IG panitia. PT Event Cerdas Nusantara sendiri merupakan sebuah lembaga penyelenggara lomba online yang terpercaya dengan legalitas bernomor AHU-002601.AH.01.30.Tahun 2022. Sehingga, banyak pelajar di seluruh wilayah Indonesia dari tingkat SD/MI, SMP/MTs maupun SMA/MA beramai-ramai mengikuti berbagai lomba yang digelar.

Virna, dkk telah bersaing pada 6 mapel dimana masing-masing diikuti ratusan hingga ribuan peserta. Berdasarkan data yang didapatkan, peserta pada mapel Bahasa Indonesia berjumlah 706 peserta, IPA 821, IPS 1.080, Matematika 547, PAI 1.228 dan PKn 1.186 peserta.

“Soal-soal yang disajikan merupakan uji pengetahuan pada mapel tersebut. Selain mempelajari buku pelajaran, serta materi yang telah diajarkan oleh guru pembimbing, ia juga tak sungkan-sungkan untuk mencari informasi terkini serta memperkaya wawasan tentang ilmu sosial melalui internet.” ujarnya.

Melihat semangat mereka dalam berprestasi, Kepala MTsN 2 Pekalongan, bapak Imam Sayekti tentu memberikan apresiasi. “Selamat untuk Rilza, dkk yang lagi-lagi mempersembahkan medali bagi madrasah. Segala jerih payah dan usahamu insya Allah menjadi tangga menuju puncak kesuksesan dan masa depan yang cerah. Sekali lagi selamat dan tetap semangat.” pesannya. (Why/Ant/bd).