Tim Supervisi MIN 1 Kendal Kunjungi Kelas 2 Kesultanan Pagaruyung Minangkabau

Kendal – Menindaklanjuti Surat Keputusan Nomor 103 Tahun 2022 tentang Susunan Tim Supervisor Supervisi Pembelajaran MIN 1 Kendal Semester 2 Tahun Pelajaran 2021/2022, salah satu dari Tim Supervisor mengadakan kunjungan kelas ke Kelas 2 Kesultanan Pagaruyung Minangkabau, Jum’at (22/4).

Siti Masruroh, Guru Kelas 2 Kesultanan Pagaruyung Minangkabau menyambut hangat kunjungan kelas ini. Dengan menggunakan metode penugasan, pengamatan, tanya jawab, diskusi, dan ceramah, materi satuan waktu, penggunaan tanda tanya dengan lafal dan intonasi, serta persamaan dalam keberagaman, disampaikan dengan suasana nyaman dan menyenangkan.

“Alhamdulillah supervisi pembelajara berjalan dengan lancar. Luar biasa, senang rasanya disupervisi, agar mengetahui bagaimana sebenarnya proses pembelajaran saya,” tutur Masruroh.

Sementara,Tim Supervisor Mustofa, yang melihat proses pembelajaran dari dekat, mendapatkan  beberapa catatan penting dari hasil pengamatannya.

Pertama, respon anak baik, mereka aktif menikmati suasana pembelajaran yang dibangun oleh guru, dari awal sampai akhir pembelajaran anak-anak merespon pembelajaran dengan positif.

Kedua, dari siri guru, guru mengajar dengan semangat yang tinggi serta membangun relasi positif dengan para siswa, karena sebelumnya guru sudah merencanakan pembelajaran dengan matang.

“Alhamdulillah, 60 % durasi waktu observasi kelas saya amati secara langsung, sisanya saya amati melalui rekaman video. Ketika diamati secara langsung, nampak   suasana kelas sangat kondusi. Masukan buat guru, perlu lebih memaksimalkan dalam menyampaikan materi pelajaran. Sementara, ketika diobservasi melalui kamera, kelas menjadi agak ramai, tetapi penyampaian materi dari guru menjadi lebih maksimal,” ujarnya.

Mustofa berharap, kegiatan pembelajaran pada saat disupervisi harus selalu dibiasakan dan diimplementasikan pada saat tidak disupervisi di hari-hari biasanya. (sby/bel/rf)