Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional Berjalan Lancar

Kab. Pekalongan – Pagi itu pukul 08.00 bersamaan dengan kegiatan UM, MIM Kauman melaksanakan Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional. Apel dilaksanakan pada hari ini Jum’at, 13 Mei 2022 dikarenakan pada tanggal 2 Mei 2022 bertepatan dengan hari libur Hari Raya Idhul Fitri. Dengan peserta upacara yaitu guru, karyawan dan siswa kelas 3,4 dan 5. Bapak dan Ibu Guru Karyawan MIM Kauman pagi itu mengenakan pakaian lain dari hari jumat biasanya. Dalam rangka Apel, mereka mengenakan pakaian putih dengan batik sebagai bawahannya.

Apel yang dilaksanakan di halaman depan MIM Kauman tersebut membawa tema ” Pimpin Pemulihan Bergerak untuk Merdeka Belajar”.

Dalam pidato yang dibacakan oleh Djoko Susilo,S.Pd.SD selaku pembina Apel, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa pada masa Pandemi Covid-19, Kemendikbudristek menghadirkan Kurikulum Merdeka untuk membantu guru dan murid dalam proses belajar mengajar. Upaya tersebut mampu mengurangi dampak hilangnya pembelajaran.

“Kini, Kurikulum Merdeka akan diterapkan di lebih dari 140.000 satuan pendidikan di seluruh Indonesia. Dalam pidatonya juga Bapak Menteri mengajak kepada para penggerak Merdeka Belajar untuk selalu bergerak menghadapi masa depan dengan berbagai rintangannya.” tuturnya.

Setelah amanat Apel, peserta upaca diperdengarkan lagu wajib belajar ciptaan Restu Narwan Soetarmas. Dan sebagai penutup Apel yaitu doa yang dipimpin oleh Taufik, S.Ant. Dengan kekhusyukan doa yang dilantunkan, semoga MIM Kauman baik guru dan siswa selalu diberikan kelancaran, kemudahan dan kebahagiaan dalam menjalani amanah pendidikan yang diemban.(Lia/Ant/bd).