Halal Bi Halal Untuk Peningkatan Kinerja Lebih Baik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Ungaran  – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang gelar pembinaan ASN di Aula setempat, Selasa, (17/5). Dilaksanakan usai apel pagi penghormatan bendera merah putih, pembinaan diikuti oleh seluruh pejabat sruktural pada Kankemenag Kab. Semarang beserta ibu, Kepala KUA Kecamatan, Kepala Madrasah Negeri, Pengawas PAI, Pengawas Madrasah, Penyuluh Agama Fungsional, perwakilan guru pendidikan agama Kristen/Katolik/Buddha dan segenap pegawai satu atap dengan petugas pembinaan, seksi PD Pontren dan seksi Pendidikan Agama Islam.

Dalam sambutannya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Semarang, Nurudin, mengucapkan Minal Aidzin Wal Faizin  kepada segenap peserta pembinaan yang hadir seraya berdoa semoga Syawal tahun 1443H ini mampu menjadi awal peningkatan seluruh program kegiatan yang ada setelah hati kita kembali fitri setelah lulus dari Ramadan.

Halal Bi Halal sendiri pertama kali tercetus tahun 1948, masa pemerintahan Ir.Sukarno di tengah kondisi elit politik yang sedikit memanas. Atas usul dari KH. Wahab Hasbullah, diadakanlah kegiatan Halal Bi Halal yang kemudian kegiatan ini diadopsi oleh seluruh lembaga/Kementerian hingga saat ini. Maka mari lewat Halal Bi Halal ini kita saling memaafkan satu sama lain, sehingga tidak ada lagi dosa diantara kita,” terangnya.

Mengutip ayat Alqur’an surat Ali Imran ayat 133-134 Nurudin menyampaikan bahwasanya untuk hal-hal yang terkait dengan urusan akhirat, kita disuruh untuk bersegera dan berlomba-lomba. Adapun untuk urusan dunia, kita diminta untuk tidak tergesa-gesa. Karenanya, mumpung suasana masih bulan Syawal, Nurudin mengajak kepada seluruh ASN di jajarannya untuk bisa meningkatkan ibadah  mahdhah dan ibadah ghairu mahdhah.

“Sebagai ASN ya tentu saja kita harus selalu berbenah diri, meningkatkan kualitas layanan untuk kepuasan para tamu yang membutuhkan pelayanan instansi kita ini,” imbuhnya.(shl/Sua)