KUA Laweyan Awali Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Manasik Haji Tingkat Kecamatan di Kota Surakarta, mulai diselenggarakan hari ini (24 – 27/05). Diawali oleh KUA Kecamatan Laweyan dengan 84 calon jamaah haji di Hotel Arini Syariah. Pembukaan Manasik Haji dihadiri oleh Kepala KUA, Kasi PHU, Camat Laweyan dan Lintas Sektoral. Rahmat Agung selaku Kepala KUA, menyampaikan rasa harunya menyambut kedatangan calon jamaah haji. “Sempat tidak bisa membayangkan ketika pandemi mencapai gelombang dahsyat,dan kita tidak tahu akan berakhir kapan,”ujarnya. Agung mengisahkan setiap hari menerima kabar yang tidak baik, bahkan mengganggu ibadah keseharian. “Hingga ibadah haji yang dengan begitu ketatnya diselenggarakan oleh pemerintah Arab Saudi, sampai pada saat ini tamu Allah yang sangat merindukan , yang terpilih untuk berangkat ibadah haji,”tuturnya.  Agung menambahkan kegiatan manasik bertujuan agar jamaah haji menjadi jamaah yang mandiri yang tidak bergantung pada jamaah lainnya. “Kemandirian yang bersahabat, berpengertian pada jamaah, tidak mementingkan diri sendiri dan mengabaikan lainnya,”pungkasnya.

Senada, Kasi PHU,Suyono mewakili Kakankemenag Kota Surakarta bersyukur berbagai kendala guna mempersiapkan keberangkatan ibadah haji tahun 2022 telah terselesaikan. “255 calon jamaah haji telah melunasi biaya ibadah haji, dengan upaya maksimal hingga kami datang ke rumah jamaah,” ujarnya. Dengan prosentase 46% jamaah yang dialokasikan untuk Indonesia, diharapkan memberikan harapan besar pada jamaah haji di tahun berikutnya. “Urusan paspor sudah terseleaikan, tinggal menunggu kepastian kloter dan koper yang belum kita terima,”ujarnya. Suyono berpesan pada calon jamaah haji, dengan waktu yang mendesak agar dapat menjaga kesehatan sehingga dapat berangkat tepat waktu dan melaksanakan ibadah haji dengan baik. Tahun ini, Camat Laweyan, Endang Sabar bertepatan pula dapat menunaikan ibadah haji bersama warga laweyan. “Saya harap kita bisa melaksanakan haji dengan mudah, dimudahkan dilancarkan diberi kekuatan, kesehatan lahir dan batin kemudian pulang ke tanah air dengan haji yang mabrur,” tuturnya.

Materi-materi yang disampaikan dalam manasik haji, meliputi ; kebijakan pemerintah dalam pelayanan jamaah haji, hak dan kewajiban jamaah haji, akhlak jamaah dan budaya Arab Saudi, pencegahan dan penanggulangan penyakit, bimbingan ibadah haji, penerbangan dan praktek manasik. Manasik Haji diselenggarakan pula oleh 4 KUA lainnya, yaitu KUA Banjarsari, KUA Jebres pada 25 s.d 28 Mei 2022 sedangkan KUA Serengan dan KUA Pasarkliwon pada 26 s.d 29 Mei 2022.(may/bd)