Manasik Haji, Ajarkan Siswa Menjadi Muslim Yang Sempurna

TAWAF – Siswa-siswi MIN 1 Banyumas sedang latihan tawaf di wahana manasik Surya Yudha Park Banjarnegara (23/5)

BANYUMAS – “Ibadah haji merupakan ibadah yang menyempurnakan rukun Islam, maka seorang muslim yang melaksanakan ibadah haji diharapkan menjadi muslim yang sempurna, yaitu yang rajin beribadah kepada Allah SWT dan berakhlakul karimah dalam menjalani kehidupan bersama masyarakat yang lain”, tutur Kepala MIN 1 Banyumas, H Saridin SAg MPd dihadapan siswa MIN 1 Banyumas dalam kegiatan manasik haji di komplek wisata Surya Yudha Park Banjarnegara, Senin (23/5).

Kegiatan manasik merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan MIN 1 Banyumas untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam melaksanakan ibadah haji di tanah suci. “Kegiatan ini akan sangat bermanfaat, bagi pemahaman anak-anak baik secara teori maupun praktek ketika suatu saat naik haji atau umroh, sehingga bisa menjadi haji yang mabrur ataupun umroh yang maqbul,” ujar Saridin.

Koordinator kegitan, Mahruri SHI mengungkapkan kegiatan manasik haji tahun 2022 diikuti oleh 128 peserta didik dengan 12 pembimbing dan tiga diantaranya sudah pernah melaksanakan haji dan umroh. “Alhamdulillah tahun ini bisa melaksanakan manasik di Surya Yudha Park setelah dua tahun terdampak pandemi Covid-19”, terangnya.

Surya Yudha Park Banjarnegara dipilihnya karena memiliki wahana manasik haji menyerupai aslinya di tanah suci. “Disini (Surya Yudha Park-red) suasananya seperti di tanah suci, sehingga siswa sangat antusias”, tambah Mahruri.

“Meski ini hanya manasik, kami berharap kegiatan ini bisa membekas dan menjadi pengalaman yang tak terlupakan bagi anak-anak. Lebih dari itu, kami ingin ada perubahan sikap dan penumbuhan semangat dari siswa dalam mempelajari dan mengamalkan ajaran Islam”, pungkas Saridin. (akw/rf)