MTsN 1 Banyumas Launching Tagline Matsani Istimewa

BANYUMAS – MTs Negeri 1 Banyumas atau yang dikenal dengan MTs Negeri Model Purwokerto memang sudah menjadi kebanggaan masyarakat Purwokerto dan Kabupaten Banyumas. Dari sejarahnya MTs ini dulunya merupakan bagian dari PGAN 6 Tahun Purwokerto yang telah mencetak guru-guru agama yang tersebar di daerah Banyumas dan sekitarnya seperti Brebes, Pemalang, Purbalingga, dan Cilacap. Oleh karenanya, MTs Negeri 1 Banyumas ini Istimewa.

Kepala MTs Negeri 1 Banyumas, H Sudir MPd menjelaskan bahwa MTs Negeri 1 itu khas, khusus, spesial, luar biasa, dan paling utama. “Istimewa itu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah khas untuk suatu tujuan tertentu, sesuatu yang paling baik dari yang lainnya. Matsani Istimewa harus membawa MTs Negeri 1 lebih baik dari madrasah dan sekolah lainnya”, papar Sudir saat Apel dan Silaturahmi bersama siswa-siswi MTs, Kamis (12/5) kemarin.

Lebih lanjut Sudir menerangkan, Istimewa itu terdiri dari empat suku kata yaitu Is, Ti, Me dan Wa. Empat suku kata ini menjadi empat pilar dalam membangun MTs Negeri 1.

Yang pertama Is adalah Islamic Character atau karakter islami. “Ini merupakan pilar tarbiyah yang berfokus pada pembinaan sifat, budi pekerti, akhlak, etika atau tingkah laku yang bersifat keislaman”, terang Sudir.

Selanjutnya Ti adalah akronim dari Thingking Critically atau berpikir secara kritis. Artinya semua warga MTs Negeri 1 dari berbagai unsur diharapkan mampu berpikir kritis mampu mengatasi semua permasalahan, berpikir cepat dan tepat.

Suku Kata Me, kependekan dari Mental Juara, diharapkan dengan dilaksanakannya pembinaan prestasi secara sungguh-sungguh dan berkelanjutan serta mengoptimalkan pembinaan lahiriyah dan batiniyah dapat menjadikan siswa-siswi MTs Negeri 1 Banyumas memiliki mental juara.

Terakhir Wa itu wawasan global. Ini merupakan interpretasi visi madrasah dalam upaya turut serta mempersiapkan generasi bangsa yang cerdas, berkualitas dan berwawasan luas. “Tagline ini mudah diingat, harapannya bisa diimplementasikan,” pungkasnya penuh harap. (akw/rf)