Pembinaan ASN Oleh Itjen Kemenag RI, Seluruh ASN Diminta Menjalankan Peran Kehumasan

Tegal. Dalam rangkaian  kegiatan Pemantauan  dan Evaluasi Kehadiran Pegawai Pasca Cuti Bersama Hari Raya Iedul Fitri 1443 H,  Tim Itjen Kemenag RI berkesempatan melakukan pembinaan kedisiplinan pegawai kepada 70 ASN Kemenag Kab Tegal pada hari Senin tanggal 09 Mei tahun 2022 di Ruang Aula Al Ikhlas Kemenag Kabupaten Tegal. Hadir dalam acara tersebut  tim Itjen Kemenag RI, Bapak  Ali Saban dan Hendi Diyanto. Adapun peserta yang hadir antara lain; Kepala Kankemenag, Kasubbag TU, Para Kasi/Gara Syariah, Kepala Madrasah Negeri,  Pengawas, Kepala KUA, Penyuluh  serta JFT dan Jabatan pelaksana pada Kankemenag Kab Tegal.

Dalam sambutan pembinaannya, Ketua Tim Evaluasi Itjen kemenag RI – Ali Saban- menegaskan bahwa setiap ASN Kemenag  mempunyai hak sekaligus kewajiban yang harus dijalankan secara proporsional, profesional dan penuh integritas. Menurutnya, sebagai ASN terikat dengan regulasi/aturan/hukum  yang harus dijalankan. Jika dalam hukum Syariat Islam itu orang bisa tidak terkena  hukum karena lupa/tidak sadar/tidak tahu, namun dalam hukum  negara, ASN tidak boleh melanggar aturan meskipun  dengan alasan lupa/tidak tahu.

Ali Saban juga mengingatkan bahwa di era yang serba digital, ASN Kemenag harus bijak/arif dalam bersosial media. ASN Kemenag harus pada posisi mendukung pemerintah, bukan melawan apalagi memprovokasi dan memperkeruh keadaan.

‘Kami minta  kepada ASN Kemenag agar pandai dan bijak dalam bersosial media. Jangan memperkeruh suasana. Dan ingat, setiap informasi harus disaring dulu sebelum disharing/dibagikan ke masyarakat.”  pintanya

Sementara itu, Anggota Tim Evaluasi Itjen Kemenag RI- Hendi Diyanto- menambahkan  bahwa ASN Kemenag harus bisa menjadikan hal-hal yang baik (seperti kedisplinan, kepatuhan dan keteladanan)  sebagai sebuah kebiasaan sehingga  sesuatu yang baik itu  bisa menjadi kebiasaan. Ia juga mengingatkan pentingnya peran kehumasan oleh setiap ASN.  Menurutnya, wajah kemenag diantaranya akan dipengaruhi oleh pelaksanaan fungsi kehumasan.

“ Kehumasan Kemenag punya fungsi yang sangat penting. Namun, selalu terkendala oleh keterbatasan SDM, peralatan dan anggaran. Karena itu, setiap ASN harus bisa membantu  berkontribusi  menjadi agen yang ikut memainkan peran kehumasan dan tidak hanya mengandalkan pegawai humas saja.” Harapnya.  

Kepala Kankemenag Kab Tegal- Akhmad Farkhan-menyampaikan terimakasih dan bahagia atas  kehadiran dan tausiyah kedisiplinan pegawai  yang disampaikan oleh tim Itjen Kemenag RI. Ia memastikan bahwa apa yang disampaikan oleh tim Itjen akan ditindaklanjuti dan diterapkan di kantor yang dipimpinnya. (Najmudin/bd)