Pondok Leler Banyumas Buka Madrasah Aliyah

TINJAU – Tim verifikasi Ijop Madrasah Kanwil Kemenag Jateng meninjau pembangunan MA

BANYUMAS – Pondok Pesantren At Taujieh Al Islamy Leler Kebasen Banyumas akan segera membuka Madrasah Aliyah pada tahun depan.

Pengasuh pondok pesantren KH Zuhrul Anam melalui ketua Yayasan Andalusia H Sunarto Arif mengungkapkan keinginannya membuka pendidikan Madrasah Aliyah bukanlah tanpa sebab.

Yayasan Andalusia saat ini sudah memiliki SMP dan SMA. SMP Andalusia memiliki siswa dua ribuan dengan kelas IX nya sekitar 800. Sehingga ada potensi peserta didik SMP untuk melanjutkan di MA.

“Kami targetkan mendapatkan tiga rombongan belajar. Santri yang sudah mendaftar MA sudah ada 25 anak. Ini belum pendaftaran dari umum” ungkapnya saat verifikasi Ijop, Jumat (13/5).

Pendirian MA, lanjut H Sunarto juga sangat diinginkan oleh wali santri. “Banyak wali santri yang ingin putra putrinya melanjutkan ke aliyah, jadi kami respon dengan mendirikan MA”, kenangnya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H Aziz Muslim SAg MPdI melalui Kasi Pendidikan Madrasah H Edi Sungkowo SPd MPd berharap dengan adanya MA Andalusia Leler Kebasen akan meningkatkan daya saing MA sekaligus menambah jumlah siswa MA di Banyumas. “Saya sangat yakin MA Andalusia ini ke depan akan menjadi MA Favorit dengan jumlah siswa yang besar”, ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya. (akw/rf)