Ujian Madrasah Online, Percepat Transformasi Digital

SERIUS – Peserta ujian di MIN 1 Banyumas serius mengerjakan soal menggunakan android

BANYUMAS – Ujian Madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2021/2022 yang dimulai hari ini, Kamis (9/5) diikuti dengan antusias oleh peserta didik kelas 6. Tak terkecuali di MIN 1 Banyumas. Pemandangan yang berbeda dari madrasah lain, peserta mengerjakan ujian menggunakan android secara online. Tak ada kertas naskah soal dan lembar jawab ujian.

Kepala MIN 1 Banyumas, H Saridin SAg MPd menjelaskan bahwa MIN 1 Banyumas yang merupakan satu-satunya MI Negeri di pusat kota ini harus menjadi contoh dalam percepatan transformasi digital bagi madrasah yang lain. “Teknologi informasi yang semakin pesat ini kan tidak bisa kita bendung dan harus kita manfaatkan sebaik-baiknya untuk pendidikan anak-anak. Maka MIN yang ada di kota Purwokerto ini harus lebih maju dan memberikan contoh pemanfaatan teknologi bagi MI lainnya di Banyumas” terangnya.

Panitia Ujian Madrasah, Heru Budi Santoso mengungkapkan siswa-siswi MIN 1 Banyumas sudah terbiasa ujian secara online. “dari penilaian harian, PTS, PAT juga memakai android, sehingga anak-anak tidak ada yang mengalami kesulitan”, ungkap Heru. Kami juga sudah memiliki server yang memadai untuk menampung data jawaban Ujian Madrasah, imbuhnya.

Kasi Pendidikan Madrasah, H Edi Sungkowo SPd MPd yang dikonfirmasi secara terpisah menjelaskan bahwa peserta Ujian Madrasah Ibtidaiyah Tahun Pelajaran 2021/2022 di Banyumas mencapai 5.729 siswa yang tersebar di 181 lembaga. 13 lembaga melaksanakan ujian berbasis komputer atau online dan 168 lembaga melaksanakan ujian berbasis kertas pensil.

“Kami sangat mengapresiasi madrasah yang melaksanakan ujian secara online, ini relevan dengan salah satu dari tujuh program prioritas menteri agama yaitu transformasi digital”, ujar Edi.

Ujian Madrasah tingkat MI akan diselenggarakan hingga 19 Mei mendatang. Dari laporan pengawas madrasah yang melakukan monitoring, ujian madrasah hari pertama terlaksana dengan baik dan lancar.

“Alhamdulillah hari ini lancar, dua mapel yang diujikan hari ini IPA dan Akidah Akhlak”, terang Hj Hidayaturrohmah, salah satu pengawas madrasah Kabupaten Banyumas. (akw/rf)