Wujudkan Aksi Perubahan Digitalisasi Data, Kankemenag Wonosobo Gandeng Pengadilan Agama dan Disdukcapil

Wonosobo – Dalam sambutan pembukaan kegiatan Peningkatan Pelayanan KUA berbasis IT, yang diselenggarakan oleh Seksi Bimas Islam pada hari Senin, (23/05) di Ball Room Hotel Cabin Tanjung Wonosobo, Ahmad Farid, selaku Kakankemenag Kab. Wonosobo beberkan bahwa Kankemenag Kab. Wonosobo tengah mencanangkan aksi perubahan berupa Digitalisasi Data Kemenag.

“Kankemenag Kab. Wonosobo sedang merancang sebuah aksi perubahan dari hasil rekaan kami, perhatian kami pada administrator. Wacananya kami ingin mengangkat digitalisasi layanan data keagamaan di Wonosobo,” beber Ahmad Farid.

Namun demikian, (imbuhnya), rancangan tersebut merupakan aksi jangka panjang karena jangkauannya sangat luas baik ditingkat Kabupaten, Kecamatan hingga ke Desa.

“Hal tersebut membutuhkan perhatian lebih dan dibutuhkan kerjasama yang kuat baik internal jajaran Kemenag maupun lintas sektoral. Jadi nantinya data keagamaan baik keberadaan pesantren, rumah ibadah dan lain sebagainya itu betul-betul valid,” tambahnya.

Rencananya aksi perubahan tersebut akan dimulai dari peningkatan data kepenghuluan yang semula dikirim berupa form hard file ke Seksi Bimas Islam, dirubah menjadi bentuk digital dan dikirim ke HDI Kankemenag Kab. Wonosobo.

Kaitannya dengan PA dan Disdukcapil, Farid, mengatakan bahwa data kepenghuluan ini ada kaitannya dengan PA yakni terkait data NTCR atau Nikah, Talak, Cerai, dan Rujuk. “Kaitannya dengan data tersebut kami beraharap dapat menjalin kerjasama dengan PA agar mendapat akses data tersebut untuk mendukung validasi data terkait NTCR dan untuk Disdukcapil kami berharap usai dilakukan akad nikah, kedua mempelai selain mendapat surat nikah juga langsung mendapat KTP maupun KK yang baru. Jadi status perkawinan dan domisili bisa segera terupdate,” tandas Farid.

Jalinan kerjasama yang dicanangkan Kankemenag tersebut disambut baik oleh PA maupun Disdukcapil. Dalam kesempatan yang sama, Tarjo, selaku Kepala Disdukcapil Wonosobo menyampaikan agar segera ditindaklanjuti kerjasama tersebut,

“Program yang sedang digagas Kemenag ini sudah lama sekali disampaikan langsung oleh Kakakemenag saat koordinasi dan silaturahmi ke Disdukcapil. Kami berharap kerjasama ini akan segera terwujud untuk menyenangkan dan memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat,” kata Tarjo.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan penyusunan nota kesepahaman kerjasama antara Kankemenag, Disdukcapil dan PA Wonosobo, yang disampaikan oleh Muhammad Mansur, selaku Panitera PA. Wonosobo Kelas 1A dan Dyah Puspitosari selaku Analis Kebijakan Muda Disdukcapil Wonosobo yang dimoderatori oleh Muchtar Masnun, Kepala KUA Kecamatan Kertek mewakili Kasi Bimas Islam yang berhalangan hadir lanteran dinas luar kota.(Ps-ws/Sua)