FKUB Kota Balikpapan, Kunjungi Banyumas

Purwokerto : Rombongan pengurus Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) kota Balikpapan melakukan kun jungan keagamaan ke Kabupaten Banyumas . Kedatangan ini disambut oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, S.Ag, MPdI,  bersama dengan ketua FKUB Banyumas Prof. DR. KH. Muhammad Roqib, M.Ag, Kepala Badan Kesbangpol Eko Heru Surono mewakili Bupati Banyumas, Kasubag TU Wahyu Fauzi Aziz, Kasi  dam pengurus FKUB Kabupaten Banyumas di aula Al Ikhlas kantor Kemenag Kabupaten Banyumas, Rabu (27/07)

Kepala Kantor Kemeneg Banyumas, H. Aziz Muslim, mengucapkan selamat datang di Purwokerto pada rombongan pengurus FKUB  yang dipimpin langsung oleh Ketua FKUB Kota Balikpapan, H Abdul Muis Abdullah. Kota Balikpapan dan Banyumas mempunyai kesamaan dimana terdiri dari berbagai suku , ras dan agama serta aliran kepercayaan.

“ Kami merasa tersanjung karena FKUB Banyumas menjadi obyek studi banding FKUB Balikpapan yang sudah lebih jauh melangkah ke berbagai negara seperti Cina, Vietnam dan Thailand. Itu menjadi pemicu buat kami kapan FKUB Banyumas dapat melakukan studi tiru ke vietnam, Sedangkan dari perbandingan hibah juga tidak terlalu jauh.” katanya.

“ Dengan adanya studi tiru ini kita bisa saling berdiskusi bagaimana program – program kerja yang sudah dan sedang dijalankan, bagaimana kita merawat umat dan lain sebagainya.”

“ Ada beberapa hal yang mungkin bisa dpelajari di Banyumas , dan kita juga bisa belajar dari FKUB Balikpapan,” ujarnya lebih lanjut.

Ketua FKUB Kota Balikpapan, H Abdul Muis Abdullah mengungkapkan agenda studi banding ke FKUB Banyumas dari beberapa tahun lalu telah diagendakan. Namun karena pandemi Covid-19 masih tinggi saat itu banyak perjalanan yang dibatasi.

“ FKUB kota Balikpapan pernah melakukan studi tiru ke luar negeri yaitu  Vietnam, Malaysia, Thailand , Singapura sedangkan untuk di Indonesia sudah ke Palembang, Jakarta, Jogjakarta, Makasar, Manado, Bali .”

“ Kedatangan kami kesini adalah untuk belajar, selama ini informasi yang didapat bahwa FKUB Banyumas sangat bagus makanya kami harus kesini. Selain itu juga untuk bersilaturahmi deng pengurus FKU Banyumas ini,” terangnya.

Ditempat yang sama ketua FKUB Banyumas Muhammad Roqib mengucapkan terimakasih atas kedatangan rombongan FKUB dari kota Balikpapan.

“ Semoga pertemuan ini bisa menjadikan take  and give antara FKUB Banyumas dan FKUB kota Balikpapan, dan bisa meniru apa yang sudah dilakukan oleh FKUB kota Balikpapan, salah satunya adalah keterlibatan ibu ibu atau istri dari para pengurus,” tuturnya.

Lebih lanjut Roqib menyampaikan bahwa terbentuknya FKUB Banyumas sudah lebih lama dibanding dengan FKUB kota Balikpapan, dan program program kegiatan sosial juga sudah dilakukan dari dulu. Akan tetapi karena keterbatasan tenaga yang dapat full timer menjadikan banyak kegiatan yang tidak dapat berkelanjutan, “ pungkasnya. (yud/rf)