Kemenag Kota Tegal, Gelar Tes IVA dan Sadanis Secara Gratis

Tegal – Dalam rangka meningkatkan kepedulian dan pencegahan dini masyarakat terhadap kanker serviks dan payudara, Kementerian Agama Kota Tegal bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kota Tegal menyelenggarakan Pemeriksaan tes IVA dan SADANIS, Rabu (10/08/2022). Pemeriksaan tes IVA dan SADANIS berlokasi di Kantor Kementerian Agama Kota Tegal.

Tes IVA (Inspeksi Visual dengan Asam Asetat) merupakan pemeriksaan guna mendeteksi gejala kanker leher rahim dengan cara yang praktis dan sederhana. Sedangkan tes SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) merupakan pemeriksaan payudara oleh tenaga kesehatan terlatih, guna mendeteksi kelainan yang kemungkinkan terjadi pada payudara yang berakibat kanker.

Kegiatan Tes IVA dan SADANIS di Kota Tegal diikuti oleh 26 peserta, baik itu dari DWP Instansi maupun masyarakat umum. Selain itu, Dinkes juga menyediakan layanan Tes Darah untuk menentukan kadar kolesterol, asam urat, gula dsb secara gratis kepada peserta.

Di sela-sela kegiatan, terdapat sosialisasi cara mengenali Kanker Serviks dan Kanker Payudara yang disampaikan oleh Dr. Ria Cintya Pangestika. ” Untuk mencegah terjadinya kanker serviks, sebaiknya bapak ibu harus menerapkan pola hidup sehat seperti menjaga kebersihan pakaian, menjaga kebersihan badan, mengatur pola makan yang sehat serta menjaga perilaku dan akhlak diri” ucap dr. Ria

“Adapun gejala terjadinya kanker serviks dapat dilihat melalui beberapa hal, seperti adanya post coital bleeding, keputihan, nyeri panggul dan kesulitan ketika buang air kecil ” Tambahnya.

Dilain kesempatan, H. Tohari, selaku plh Kankemenag Kota Tegal mengucapkan terima kasih kepada inisiator dan fasilitator kegiatan ini yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya demi suksesnya kegiatan ini. Khususnya, kepada Dinas Kesehatan Kota Tegal yang telah berkolaborasi dan bekerja sama dengan baik mensukseskan kegiatan ini, mulai dari proses persiapan sampai dengan pelaksanaan kegiatan.

“Semoga ikhtiar ini mampu meningkatkan kesadaran seluruh warga Kota Tegal tentang pentingnya deteksi dini pada Kanker Serviks dan Payudara, sehingga apabila terdapat gejala dapat segera mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat” Ujar Tohari. (arnw/bd)