Perdana, Kemenag Bagikan 239 Satya Lencana dan Tunjuk Petugas Upacara dari Para Pejabat

Tegal. Sejarah baru ditorehkan oleh Kantor Kemenag Kab Tegal di bawah kepemimpinan H. Ahmad Farkhan.   Dalam  upacara   HUT Kemerdekaan RI ke-77 tanggal 17 Agustus 2022 di Lapangan olahraga, Kementerian Agama Kabupaten Tegal selenggarakan upacara dengan petugas dari unsur para Pejabat.   Selain itu, dalam upacara juga dibagikan penghargaan Satyalencana Karya Satya sebanyak 239 buah kepada para  ASN. Ini merupakan sesuatu yang baru karena selama ini para petugas upacara  hanyalah dari unsur pegawai pelaksana. Jumlah Satyalencana yang dibagikan juga spektakuler karena terbanyak dalam sejarah berdirinya Kankemenag Kab Tegal.

Hal demikian disampaikan oleh Kasubbag TU Kankemenag Kab Tegal- Kasori, seusai membacakan Sambutan Gubernur Jawa Tengah dalam amanat upacara. Dalam sambutan sebagai inspektur upacara, Kasori menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang setingginya kepada para peserta upacara yang berkenan hadir memakai baju adat nasional. Juga kepada bagian Kepegawaian yang berhasil memproses pengusulan 239 Satyalencana Karya Satya ASN Kemenag Kab Tegal.

“ Ini sejarah baru dalam Peringatan HUT Kemerdekaan RI di Kantor Kemenag kita. Petugas upacara dari unsur Kasubbag TU dan para kasi/zawa. Juga hari ini kita bisa membagikan   Satyalencana Karya Satya kepada 239 ASN. Ini merupakan jumlah terbanyak sepanjang sejarah berdirinya Kemenag Kab Tegal.” ujarnya

Sebagaimana yang tertera dalam surat tugas, seluruh Kasi mendapat perintah menjadi petugas upacara. Kasubbag TU menjadi inspektur upacara, menggantikan kepala kantor yang bertugas membacakan doa di Pemda Kab Tegal. Kasi pendidikan madrasah (Haryono)  dan Kasi PD Pontren (Kaukabudin)  menjadi pengibar bendera bersama pengawas (Ngadiman). Kasi PHU (Mujahidin Nur Burhan) menjadi pemimpin upacara dan Gara Zawa (Eni Ma’muroh) menjadi dirijen/paduan suara. Pembacaan  do’a dipimpin oleh Kasi Bimas Islam ( Syaepudin Zuhri). Adapun Pembawa acara dipimpin oleh Ketua Pokja penyuluh (H. Faiqoh). Ketua Pokjawas (H.Mahfudz) mendapatkan tugas sebagai pimpinan pasukan.

Dalam penyerahan Satyalencana Karya Satya yang SK nya dibacakan langsung oleh Analisis Kepegawaian -H. Dairah-  disebutkan bahwa jumlah penerima anugerah sebanyak  239 ASN dan terbagi dalam 3 kategori. Ketegori pertama untuk masa kerja di atas 30 orang sebanyak 22 orang. Kedua, kategori masa kerja lebih 20 tahun  sebanyak 50 orang.  Kategori ketiga,  masa kerja di atas 10 tahun sebanyak 158 orang. Satya lencana dibagikan langsung ke para penerima oleh Kasubbag TU Kankemenag Kab Tegal didampingi oleh Analis Kepagaian Kab Tegal, Ruswanto.

“Sebenarnya ada satu lagi satya lencana atas nama H. Nurkhayati. Namun karena yang bersangkutan sudah pindah tugas menjadi Kepala MAN di Brebes, lencana  sudah dikasihkan langsung di Kemenag Brebes” Jelas Ruswanto.

Dirgahayu Indonesia Ke-77. Semoga bisa terwujud  Indonesia pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat dengan semangat toleransi. Amiin. (Najmudin/bd)