PMR MAN Kendal Gelar Aksi Donor Darah

Kendal – “Donor darah merupakan kegiatan yang sangat mulia. Tujuannya bukan semata-mata untuk membantu, namun juga mengharap ridha Allah,” demikian dikatakan kepala MAN Kendal, Muh Asnawi saat membuka acara donor darah yang digelar di Aula madrasah, Rabu (3/8).

Menjadi salah satu program kerja yang dicanangakan pada ekstrakurikuler Palang Merah Remaja (PMR) Wira, MAN Kendal bekerjasama dengan PMI Kabupaten gelar aksi donor darah untuk melatuh dan membentuk jiwa kemanusiaan para anggota agar bisa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap sesama.

Kegiatan dimulai sejak pukul 08.00 WIB dengan menyasar seluruh warga madrasah, dengan antusias siswa-siswi, guru dan karyawan menyumbangkan sekantong darahnya. Sebelumnya pendonor atau relawan terlebih dahulu menjalani screening kesehatan hingga dinyatakan layak melakukan donor darah.

Risfanda, ketua PMR Wira MAN Kendal meyakini jika kegiatan donor darah kali ini akan menghasilkan lebih banyak kantong darah dari kegiatan sebelumnya.

“Alhamdulillah, dari acara ini kami telah berhasil mengumpulkan 63 kantong darah, lebih banyak dari kegiatan donor darah sebelumnya. Pasalnya pada kegiatan donor darah sebelumnya hanya diambil golongan darah tertentu, sedangkan hari ini semua golongan darah,” tuturnya.

PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dan lainnya) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan. Menjadi salah satu ekstrakurikuler yang dapat memberikan beragam manfaat untuk diri sendiri serta orang sekitar, PMR  banyak diminati karena anak-anak tidak hanya fokus terkait kesehatan serta pengobatan saja, melainkan mampu tergerak hatinya untuk membantu sesama. 

Berkaitan dengan aspek kecerdasan sosial, salah satu sikap yang terbentuk adalah berupa kepedulian sosial yang muncul dalam kegiatan ekstrakurikuler, yang nantinya akan memberikan kontribusi penting dalam memupuk kesadaran nasional. (van/bel)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist