210 Siswa MTs Salafiyah NU Tirto Ikuti OSKA

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB. PEKALONGAN,- Sebanyak 210 siswa mengikuti kegiatan orientasi kepramukaan(OSKA) Di selopajang timur dengan antusias dan gembira. Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari 1 malam mulai tanggal 24-25 September 2022.

Menurut Kak Muhammad Fatkhurokhim, S.Ag. M.Pd. selaku Ka. Mabigus MTs Salafiyah NU Karanganyar mengungkapkan bahwa “kegiatan Kepramukaan menjadi salah satu kegiatan yang pernanannya sangat kuat dalam pendidikan karakter siswa, Karena dalam kegiatan pramuka dapat mencakup segala aspek, baik dalam kedisiplinan maupun keagamaan. Hal ini dapat menjadi pengaruh besar dalam pembentukan karakter siswa,”katanya

Kegiatan ini diarahkan pada usaha menanamkan watak disiplin, kepemimpinan, kerjasama dan kemandirian dalam usaha mengembangkan diri pribadi seutuhnya baik fisik, intelektual, emosional, sosial dan spiritual sebagai individu, bagian dari masyarakat serta sebagai makhluk ciptaan Allah SWT.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang terjadwal setiap tahunnya karena merupakan bagian dari pengenalan peserta didik baru terhadap madrasah. Tahun ini kembali diadakan secara luring karena pada tahun-tahun sebelumnya masih terjadi pandemi dan pembatasan-pembatasan dalam berkegiatan.

Dimulai dengan upacara pembukaan pada pukul 10.00 dengan pembina upacara Kak Khoeron, S.Pd, setelahnya dilanjutkan dengan pendirian tenda tiap regu dan disambung dengan materi yang disampaikan oleh Kak Khoirudin, S.Pd selaku Ketua Gugus dan games yang dibawakan oleh kakak-kakak pramuka dari pasukan penggalang bertempat di Area bumi perkemahan desa selo pajang timur. Para peserta sangat ber-antusias mengikuti kegiatan ini dengan tertib dan khidmat dari mulainya kegiatan hingga kegiatan berakhir.

Tujuan diadakannya OSKA yaitu untuk memperkenalkan jati diri Pramuka khususnya di Pangkalan MTs Salafiyah NU Karanganyar serta upaya untuk menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti luhur dengan cara memantapkan mental, moral, pengetahuan, ketrampilan dan pengalaman melalui berbagai kegiatan kepramukaan. (MTb/bd)