Apel Kebangsaan, Wujudkan Sinergitas Berbagai Elemen Masyarakat

Purwokerto : Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein memimpin Apel Kebangsaan sinergitas antara TNI, Polri, Pemkab , tokoh masyarakat dan tokoh agama di Alun – Alun Purwokerto. Selasa (20/09)

Apel diadakan dalam rangka menjaga kondusifitas wilayah Kabupaten Banyumas dengan peserta apel dari Jajaran Forkompinda, TNI, Korem, Kodim 0701 Banyumas, Polresta Banyumas, Satpol PP, Dinhub, Kapolsek, Danramil, Bhabinkamtibmas, Camat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Ormas.

Bupati Banyumas Ir. Achmad Husein dalam sambutannya berharap kegiatan apel kebangsaan dapat menjadikan sarana menyebarkan semangat positif kebangsaan yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

“ Kita harus sadar bahwa berbagai isu dan persoalan yang dapat menimbulkan perpecahan bisa selalu muncul kapanpun tanpa diduga. Penyelesaian tersebut tidak dapat hanya dilakukan oleh satu golongan saja, namun perlu kerjasama dari berbagai golongan masyarakat  bersatu padu dan saling bahu membahu,” Terangnya.

Lebih lanjut Husein menjelaskan bahwa selain persatuan dan kesatuan rasa toleransi juga menjadi kunci utama dalam mewujudkan cita-cita luhur dari para pendahulu bangsa.

Pasca pelaksanaan apel kebangsaan dilanjutkan dengan pembacaan ikrar deklarasi yang dipimpin oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Azis Muslim, M.Pd.I dan diikuti oleh seluruh peserta apel.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, M.Pd.I menyampaikan bahwa kegiatan apel kebangsaan sesuai dengan 7 Program Prioritas Kementerian Agama yang dicanangkan Gusmen.

“ Menjadi concern kami dan hari ini diimplementasikan, “salah duanya” adalah Penguatan Moderasi Beragama, dengan Deklarasi Masyarakat Banyumas MODERAT dan TOLERAN bersama Pemkab, TNI, POLRI, Anggota DPRD Banyumas, FKUB, para Tokoh Lintas Agama, dihadiri langsung Bupati dan Wakil Bupati Banyumas, Ketua DPRD, Danrem, Dandim, Kapolrestabes, Sekda, Para Kepala OPD, CAMAT, Para Tokoh masyarakat, Banser dan KOKAM, semoga ikhtiar merajut harmoni berbuah manis, menuju Banyumas SATRIA dan Kemenag Banyumas PRIMA ( Profesional, Religius, Inovatif, Maju dan Akuntabel ),” pungkasnya.(yud/rf)