Hadirkan Penyuluh Agama, DWP Wonosobo Bahas Pola Asuh Anak

Wonosobo – Penyuluh Agama Fungsional (PAF) KUA Kecamatan Wonosobo, Widya Nugraheny, memberikan penyuluhan parenting pada kegiatan Dharmawanita Persatuan (DWP) Dinas Kabupaten Wonosobo, pada Jumat, (2/9).

Kegiatan yang digelar di aula Rumah Tahanan Wonosobo tersebut merupakan kegiatan bulanan. Setiap bulan berbagai kegiatan disuguhkan, guna pembekalan diri bagi istri ASN di Lingkungan Kantor Dinas Kab. Wonosobo.

Widya didaulat sebagai pengisi acara tersebut mengusung tema tujuh pilar pengasuhan anak. Tema yang menarik itu mampu menyerap perhatian peserta yang hadir.

“Anak aset dunia dan akhirat yang wajib kita syukuri. Anak tidak bisa memilih siapa orang tuanya begitu juga dengan kita sebagai orang tuanya. Allah sudah memberikan fitrah kepada setiap anak keeajiban orang tua adalah mengasuhnya serta memberikan pengidupan dari rejeki yg halal dan toyib,” tuturnya.

Adapun tujuh pilar pengasuhan anak menurut widya yakni kesiapan sebagai orang tua, mengokohkan keterlibatan ayah dalam pengasuhan anakm, mempunyai tujuan pengasuhan anak yang jelas, berkomunikasi yang benar baik,dan menyenangkan, penguatan pendikan Agama oleh Orang tua, mempersiapkan anak sebelum baligh dan bijak berteknologi.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Kepala Rutan Wonosobo, Narya, dalam sambutannya menyampaikan, warga binaan pelaku kejahatan yang berkenaan dengan kekerasaan seksual akibat dari pornografi, dan broken home, sehingga pola asuh yang baik, pengamalan agama sebagai dasar dalam keluarga diharapkan mampu mrmbentengi generasi bangsa.

Diakhir acara Kepala Rutan menyerahkan cendera mata berupa miniature kapal kepada Ketua DWP Wonosobo, Win One Andang Wardoyo, dan ditutup dengan penampilan tari dari warga binaan Rutan Wonosobo.

Mengetahui adanya hal tersebut, Kakankemenag Kab. Wonosobo, Ahmad Farid, mengapresiasi keterlibatan Penyuluh dalam acara tersebut. ia berharap dimanapun tempatnya, syiar agama harus digaungkan selain sebagai sebagian tugas dari penyuluh juga sekaligus kewajiban bagi umat Islam menyampaikan hal baik ke khalayak luas. (Wkh-ws/ps/Sua)