Jiwa Moderat Dalam Tubuh ASN Sebagai Individu Pelayan Publik

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Wonosobo – Sebagai bentuk pelaksanaan salah satu tugas pokok KUA saesuai PMA No. 34 tahun 2016 yakni Pelayanan Bimbingan dan Penerangan Agama Islam, Kepala KUA Kecamatan Selomerto, Sarif Hidayat memberikan bimbingan dan penerangan Agama Islam kepada ASN di Wilayah Kecamatan Selomerto, Senin, (5/9/22).

Bertempat di Aula Kecamatan Selomerto, Sarif memberikan materi pengajian kepada kurang lebih 150 ASN diwilayah kecamatan tersebut. “Kegiatan ini merupakan agenda rutin tiap hari senin yang di motori oleh KUA bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan Selomerto,” papar Sarif.

Dalam kesempatan tersebut, Sarif juga menyampaikan pentingnya sikap moderat dalam beragama yang merupakan tujuh pesan keagamaan dalam moderasi beragama yakni: memajukan kehidupan umat beragama, menjunjung tinggi keadaban mulia, menghormati harkat martabat kemanusiaan, memperkuat nilai moderat, mewujudkan perdamaian, menghargai kemajemukan dan menaati komitmen berbangsa.

“Pentingnya memiliki sikap moderat dalam moderasi beragama bagi ASN di lingkungan Kecamatan Selomerto diharapkan nantinya mampu menjunjung tinggi nilai-nilai penanaman dan pemahaman Pancasila, radikal dapat tumbuh pada semua lini kehidupan masyarakat tak menutup kemungkinan pun dapat tumbuh dalam jiwa ASN, dengan kegiatan semacam ini diharapkan mampu tangkal bibit-bibit radikal pada jiwa ASN yang sejatinya adalah sebagai insan pelayan masyarakat,” tutur Sarif.

Di akhir acara Sarif menyampaikan pentingnya moderasi beragama sebagai suatu sikap dan prinsip untuk selalu menghindarkan perilaku atau pengungkapan yang extreme (radikalisme) dan selalu mencari jalan tengah yang menyatukan dan membersamakan semua elemen dalam kehidupan bermasyarakat, bernegara dan berbangsa Indonesia. Moderasi beragama memberikan pelajaran kepada kita untuk mengakui keberadaan pihak lain, memilki sikap toleran, penghormatan atas perbedaan pendapat dan tidak memaksakan kehendak pada orang maupun kelompok lain.(SH-WS/Sua)