MAN 1 Tegal Tingkatkan Kualitas Guru Melalui In House Training

Slawi – MAN 1 Tegal (MAN Babakan) mengadakan In House Training (IHT) atau dikenal juga dengan pelatihan kerja secara bertahap tiap minggu mulai tanggal 23 Agustus sampai 4 September 2021. IHT ini diikuti Guru madrasah selama tiga tahap dengan waktu yang berbeda bertempat di Laboratorium Komputer madrasah dengan tetap menjaga protokol kesehatan.

Kepala MAN 1 Tegal Nurhayati Nasori menjelaskan pentingnya kegiatan IHT dalam meningkatkan kualitas sumber daya pendidik sebagai tenaga professional mempunyai fungsi, peran dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi pendidikan nasional tahun 2021 yaitu menciptakan insan cerdas dan kompetitif.

“Tujuan diadakannya In House Training, khususnya membahas penulisan artikel dan publikasi adalah untuk meningkatkan kualitas SDM pendidik, sehingga mampu mempercepat pencapaian target madrasah untuk menguatkan visi misi madrasah yang mendukung madrasah digital, riset, maupun keterampilan. Sekaligus mempersiapkan MAN 1 Tegal untuk peningkatan mutu yang lebih baik,”Ucap Nurhayati.

Salah satu pemateri dalam In House Training yakni Purwo Susongko yang sekaligus Wakil Rektor Universitas Pancasakti Tegal  mengatakan bahwa kegiatan ini juga salah satu bentuk pengabdiannya ke masyarakat.Tenaga pendidik madrasah dan berharap agar guru mampu membuat Artikel ilmiah yang dapat dimuat dalam jurnal baik jurnal daerah maupun jurnal  nasional atau jurnal di Perguruan Tinggi dalam rangka  menunjang pengembangan karir guru sesuai  dengan peraturan Menteri Negara Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 16  tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.  Pembuatan Artikel Ilmiah diakui sebagai salah satu unsur utama selain kegiatan pembelajaran/pembimbingan dan tugas tambahan lain yang relevan dengan fungsi sekolah/madrasah yang diberikan angka kredit untuk pengembangan karir guru khususnya dalam kenaikan pangkat/jabatan fungsional guru.

“Dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntas serta kepemilikan kepribadian yang prima, maka diharapkan guru terampil membangkitkan minat peserta didik kepada ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penyajian layanan pendidikan yang bermutu. Mereka mampu membantu dan membimbing peserta didik untuk berkembang dan mengarungi dunia ilmu pengetahuan dan teknologi yang secara cepat berubah sebagai ciri masyarakat abad 21” Ujar Purwo Susongko.

Materi tahap pertama dilaksanakan pada sabtu, 23 Agustus 2021. Sesi pertama Purwo menyampaikan materi Pengembangan Karir Guru kemudian sesi siang di mulai pukul menyampaikan Materi Konsep Dasar Penelitian Pembelajaran. Materi pada tahap kedua dilaksanakan pada Sabtu, 30 Agustus 202. Sesi pertama tentang Analisis Data Kuantitatif disampaikan oleh Purwo Susongko kemudian sesi kedua dilanjutkan oleh Arif Zainudin yang menyampaikan materi analisis data kualitatif. Sedang Tahap terakhir dilaksanakan pada Sabtu, 4 September 2021 di mulai dari pukul dengan materi Analisis Data Kuantitatif disampaikan oleh Purwo Susongko, kemudian di lanjutkan oleh Arif Zainudin yang menyampaikan materi Publikasi Tata Cara Submit Artikel Ilmiah dalam Jurnal.(lukman/bd).