Optimalisasi Perpustakaan Al Faraby, MTs Negeri 4 Magelang Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik

Perpustakaan madrasah dewasa ini merupakan bagian integral dari kegiatan pembelajaran, bukan lagi sekedar “ruangan” berisi tumpukan buku-buku paket saja. Dengan membanjirnya informasi dalam skala global, perpustakaan Al Faraby MTs Negeri 4 Magelang yang pada tahun 2022 ini telah mendapat nilai akreditasi A dari Badan Akreditasi Perpustakaan Nasional, berupaya untuk melengkapi layanan pemustaka berupa akses informasi ke internet guna menambah dan melengkapi pengetahuan peserta didik dari sumber lain yang tidak dimiliki oleh perpustakaan di madrasah.

Harapan kami adalah agar dapat memberikan manfaat lebih banyak begi pemustaka, di antaranya: 1) menimbulkan kecintaan peserta didik  terhadap membaca; 2) memperkaya pengalaman belajar peserta didik; 3) menanamkan kebiasaan belajar mandiri kepada peserta didik; 4) membantu perkembangan kecakapan berbahasa; 5) memperlancar peserta didik dalam menyelesaikan tugas; 6) membantu guru-guru dalam menemukan sumber belajar; dan 7) membiasakan pemanfaatan teknologi dan informasi bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran khususnya dan umumnya bagi seluruh warga madrasah. Berkaitan dengan pemanfaatan teknologi dan informasi, sejak beberapa tahun terakhir ini perpustakaan Al Faraby MTsN 4 Magelang sudah menggunakan system otomasi dalam pengelolaan data koleksi, yaitu dengan menggunakan aplikasi Senayan Library Management System atau SLiMS 9 Bulian.

Sebagai upaya memberikan dukungan terhadap kegiatan pembelajaran secara maksimal, Perpustakaan Al Faraby MTs Negeri 4 Magelang senantiasa melakukan pembenahan fasilitas dan peningkatan layanan bagi pemustaka. Di antaranya adalah dengan menciptakan suasana yang nyaman untuk kegiatan literasi digital maupun manual bagi pemustaka baik outdoor maupun indoor. Kami juga menyediakan fasilitas multimedia dan internet yang dilengkapi dengan layanan cetak, fotocopy dan laminasi. Kami juga memberikan layanan bimbingan mading serta menyelenggarakan lomba mading dwi mingguan. Menyadari bahwa ketersediaan koleksi yang menarik dan sesuai kebutuhan adalah salah satu daya tarik yang luar biasa bagi pemustaka, maka kami selalu melakukan pengadaan bahan koleksi dengan mengakomodir usulan dari peserta didik.  Peserta didik menulis usulan buku mereka, kemudian setelah melalui tahap seleksi dan koordinasi dengan pimpinan, kami melakukan pengadaan koleksi baru secara berkala. Pengadaan koleksi dengan cara ini terbukti mampu meningkatkan minat baca peserta didik secara signifikan. Hal ini terlihat dari grafik kunjungan dan peminjaman yang terus meningkat. Dan sebagai bentuk apresiasi bagi pemustaka sekaligus pelaksanaan kegiatan promosi, perpustakaan memberikan penghargaan dalam bentuk hadiah triwulan bagi pengunjung teraktif yang diserahkan dalam kegiatan upacara bendera.

Perpustakaan Al Faraby juga melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan potensi yang dimiliki peserta didik dengan melaksanakan berbagai kegiatan-kegiatan lomba, seperti lomba roket air, robotik, lomba mading antar kelas, lomba pembuatan poster, lomba melukis, lomba penulisan kaligrafi dll. Dan kegiatan-kegiatan semacam ini akan terus dilaksanakan guna menumbuhkembangkan minat, bakat dan kreasi peserta didik sekaligus menumbuhkan kecintaan mereka terhadap perpustakaan sebagai salah satu sumber informasi utama dalam kegiatan pembelajaran pada jenjang apapun mereka akan belajar nantinya. (FS/Sua)