PAIF Kankemenag Kuatkan Pemahaman Pancasila & Wawasan Kebangsaan Pengurus PAC Muslimat NU Magelang Utara  

Kota Magelang – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kecamatan Magelang Utara gelar edukasi untuk meningkatkan pemahaman Ideologi Pancasila dan wawasan kebangsaan. Acara yang dihadiri oleh pengurus ranting dan anak ranting muslimat NU Kecamatan Magelang Utara ini berlangsung di Gedung Muslimat NU Jl Urip Sumoharjo Kelurahan Wates Kecamatan MAgelang Utara, (Ahad, 25/9).

Edukasi yang berisikan mengenai Pancasila dan wawasan kebangsaan dewasa ini perlu mendapatkan perhatian lebih. Sosialisasi juga menjadi upaya terus-menerus yang dialakukan oleh pengurus (PAC) Muslimat Nahdlatul Ulama Kecamatan Magelang Utara dalam membangun nasionalisme dan patriotisme yang dirasa semakin memudar dimasyarakat, khususnya dikalangan remaja.

Setiap elemen bangsa memiliki kewajiban untuk terus dan terus meningkatkan pemahaman tentang Pancasila dan wawasan kebangsaan kepada masyarat, karena itu merupakan amanah undang-undang. Melihat pentingnya hal ini, maka pengurus menyelenggarakan edukasi bertemakan wawasan kebangsaan bagi anggotanya.

Shanti Maharanti, Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) Kankemenag Kota Magelang dalam pemaparannya menegaskan pentingnya memahami Pancasila sebagai ideologi  dan wawasan kebangsaan sebagai landasan gerak untuk menuju keutuhan NKRI.

“NU adalah organisasi keagamaan terbesar dan paling berpengaruh di negara ini. Oleh karenanya tidak hanya sebagai panutan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara saja, akan tetapi harus mampu menjadi motivatornya. Pancasila adalah landasan ideologi kita, UUD 1945 adalah konstitusi kita, Bhineka Tungal Ika adalah semboyan kita, dan NKRI adalah harga mati bagi kita. Semua itu tidak ada pertentangan sama sekali  dalam ajaran agama Islam,” terang Shanti Maharanti.

“Pasca kegiatan ini diharapkan Muslimat NU Kecamatan Magelang Utara memiliki perilaku yang tepat dalam konteks kehidupan berbangsa dan bernegara. Tidak hanya itu, jangan hanya sekadar menjadi penghias organissasi saja, akan tetapi harus mampu dan berani mengambil posisi di garda terdepan dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa,” ujarnya menyemengati.

Dalam kesehariannya, Shanti Maharanti selain sebagai PAIF Kankemenag Kota Magelang, ia juga memiliki tugas tambahan menjadi fasilitator FKUB. Tidak heran dengan kompetensi yang dimilikinya tersbut ia sering menjadi narasumber diberbagai acara yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga lintas sektoral di Kota Magelang. (Shanti/Hari/rf).

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist