Sukseskan Festival PAI Tingkat Nasional, Bidang PAI Lakukan Koordinasi

Gambar jadwal agenda festival PAI nasional

Semarang (PAIS)-Rapat koordinasi persiapan dalam rangka  mensukseskan kegiatan Festival PAI yang diselenggarakan Direktorat Pendidikan Agama Islam Kemenag RI oleh Bidang PAI Kankemenag Prov. Jateng mulai dilakukan. Imam Buchori berharap jawa tengah dapat mewarnai kegiatan itu dengan mengikutsertakan peserta didik pada sekolah sebanyak-banyaknya untuk unjuk kemampuan terbaik dalam berbagai cabang lomba yang dikompetisikan.

“Berbagai lomba yang ada dalam event festival PAI itu maka jawa tengah harus mampu mengerahkan perta didik ikut serta dalam lomba”, kata Kabid PAI Kanwil Kemenag Prov. Jateng

Lebih lanjut Imam Buchori meminta kepada para Kepala Seksi PAI/PAKIS Kankemenag Kab./Kota untuk berkoordinasi dengan semua stakeholder seperti Pengawas PAI, MGMP PAI SMA dan SMK Kabupaten/Kota, Sekolah, dan Guru PAI diwilayahnya masing-masing.

“Agar peserta kita bisa maksimal dan mendapatkan juara perlu koordinasi dengan semua elemen PAI baik pengawas, sekolah, MGMP maupun guru PAI”, ungkapnya Imam Buchori pada rapat yang dilaksanakan di Hotel Candi Indah Semarang pada sela-sela kegiatan Orientasi Moderasi Beragama tanggal 9-12 September 2022

Sementara Afifatun menyampaikan untuk jawa tengah menargetkan kurang lebih ± 5.000 peserta didik dapat mengikuti kegiatan lomba yang ada dalam festival PAI yang diselenggarakan secara blended tersebut.

“Even lomba ini untuk tahapan-tahapannya dilaksanakan secara blended, marikita kerahkan peserta didik minimal mencapai 5.000 peserta didik mengikutinya”, papar Afifatun yang merupakan PTP Seksi PAI pada SMA/SMALB/SMK.

Sebagai tambahan informasi bahwa event festival PAI yang bertema moderasi beragama menyelenggarakan 3 jenis lomba didalamnya yaitu pertama, Lomba Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issues Debate Competition), kedua. Lomba Cipta Content Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challenge on Social Media), dan Ketiga. Lomba Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project).

Untuk mengikuti lomba tersebut peserta didik dapat mengunjungi laman pendaftaran untuk mendapatkan ID lomba yaitu https://belajaragama.id, klik event dan klik festival. Jika sudah selesai melakukan proses pendaftaran peserta akan mendapatkan kiriman ID pada email masing-masing pendaftar.

Selanjutnya calon peserta lomba dapat melanjutkan proses tahap berikutnya yaitu melakukan pendaftaran sebagai peserta coaching dan mentoring. Untuk mendaftar kegiatan ini bisa melalui laman https://kemenag.sekolah.mu.

Peserta yang telah mengikuti coaching dan mentoring akan memperoleh sertifikat. Sertifikat tersebut menjadi syarat untuk mendaftar mengikuti lomba pada festival PAI yang wajib dilampirkan.

Adapun laman untuk memperoleh informasi lengkap mengenai kegiatan tersebut bisa membuka alamat https://s.id/festivalpai2022. (dasiri/rf)