KaKan Kemenag Lepas Kontingen Banyumas Ke Ajang Festival PAI 2022

Purwokerto -Didampingi oleh Kasi PAI Agus Setiawan, S.Sos dan pengawas PAI , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, S.Ag, M.Pd.I diruang pertemuan melepas tiga siswa kontingen Kabupaten Banyumas yang akan mengikuti ajang Festival PAI 2022 tingkat provinsi Jawa Tengah yang akan diselenggarakan tanggal 4 Oktober di Semarang, Senin (03/10)

Festival PAI tahun 2022 diperuntukan bagi peserta didik tingkat SMA, SMK dengan tujuan sebagai wahana aktuialisasi peserta didik dalam mengembangkan minat, bakat dan kreativitas berbasis teknologi yang bernafaskan Pendidikan Agama Islam.

Kegiatan Festival PAI SMA dan SMK merupakan ajang pertama yang dilaksanakan oleh Direktorat Pendidikan Agama Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam bekerjasama dengan Sekolah. Dalam kegiatan ini akan diselenggarakan 3 (tiga) jenis lomba, yaitu Lomba Debat Isu Islam Kontemporer (Islamic Trending Issues Debate Competition), Lomba Cipta Konten Islami di Media Sosial (Islamic Content Creator Challenge on Social Media), Lomba Proyek Inovasi Moderasi Beragama (Moderasi Beragama Innovation Project)

Kontingen Kabupaten Banyumas diwakili peserta didik dari SMAN 2 Purwokerto yakni Syeva Arsya Wahyu Alifqi, Dayu Aulia Rosi, Sabrina Latifatushifa  untuk lomba debat dan  Elva Angie Callista untuk lomba video kreatif , serta didampingi oleh GPAI SMAN 2 Purwokwerto, Wahyu Nisawati Mafrukha, M.Pd

Kasi PAI Agus Setiawan menjelaskan bahwa pelaksanaan Festival PAI tahun 2022 sesuai dengan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 4591 Tahun 2022 tentang petunjuk teknis pelaksanaan festival PAI SMA dan SMK Tahun 2022.

“ Pemenang dari festival ini nantinya akan maju ke tingkat nasional , rangkaian kegiatan dari pelaksanaan  festival ini sudah mulai dari tanggal 5 September dan puncaknya final tanggal 2 – 4 November 2022. Sedangkan untuk Kabupaten Banyumas kita kebagian jadwal tanggal 4 Oktober ini di Semarang. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada Bapak Kepala Kantor yang telah mensuport dan memberikan bantuan biaya akomodaasi dan transport kepada peserta,” ujarnya.

Sementara itu Nisa selaku guru pendamping menyatakan bahwa Festival PAI ini acara yang sangat luar biasa bagus, temanya juga menarik terkait dengan  moderasi beragama.

“ Dengan diadakannya lomba seperti ini, menjadikan siswa/i bisa memahami konsep moderasi beragama lebih dalam, lebih kontekstual, karena dituangkan dalam bentuk lomba debat, video kreatif, dan projek inovasi. Besar harapan saya, semoga festival PAI menjadi ajang lomba yang rutin diadakan setiap tahun, dengan tema-tema yang lebih menarik lagi. Supaya keilmuan kami tentang ke-PAI-an semakin luas. Khusus untuk lomba video kreatif karya  Elva Angie Callista XII MIPA 4, dan kawan kawan sudah kami kirimkan ke panitia terlebih dahulu ,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut H. Aziz menyerahkan bantuan akomodasi dan transportasi bagi tiga orang peserta dan satu guru pendamping yang akan berangkat ke Semarang.
H. Aziz Muslim saat pelepasan menyampaikan pesan pesan kepada tiga orang wakil Banyumas ini untuk tetap semangat , optimis , percaya diri, serta mampu menjadi duta terbaik,yakinlah bahwa kalian bisa berprestasi,sekaligus sebagai wahana menempa diri,menambah wawasan sekaligus pengalaman . “ Harapan kami tiga orang peserta ini dapat kembali ke Banyumas dengan membawa juara satu,” pungkasnya.(yud/rf)

Related Posts

Welcome Back!

Login to your account below

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Add New Playlist