Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MTs N 1 Pekalongan Berlangsung Khidmat

KAB.PEKALONGAN,- Pagi ini Sabtu (1/10/2022) seluruh siswa kelas 7, 8 , dan 9 mengikuti kegiatan upacara bendera memperingati hari kesaktian pancasila.

Bertindak sebagai petugas upacara gabungan kelas 9C dan 9F. Sebagai inspektur atau pembina upacara kepala madrasah Drs. H. Mukhlisin, Dip. Ed, seluruh peserta upacara yang terdiri guru dan staf karyawan mengenakan seragam batik, sedangkan untuk siswa mengenakan seragam pramuka.

Dalam sambutannya, pembina upacara Mukhlisin membacakan Naskah Ikrar Kesaktian Pancasila “Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:”

“Bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Bangsa Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia”

“Bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya untuk menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara”

“Bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperoleh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia”

“Maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.”

Upacara berlangsung tertib selama kurang lebih 30 menit. “Alhamdulillah kegiatan upacara pagi ini berjalan dengan lancar dan kami sampaikan apresiasi kepada bapak/ibu guru dan karyawan serta kepada seluruh peserta dididk karena selama dalam pelaksanaan kegiatan, dapat tertib dari awal hingga akhir upacara,” demikian disampaikan Wakamad. Bidang Kesiswaan MTs. N 1 Pekalongan, Emi Shofana,S.Pd.,M.Pd.I. (IY, US/MTb/bd)