Ratusan Siswa MTsN 2 Magelang Jalan Asyik Sapa Warga

Kota Mungkid-Ratusan siswa, didampingi Guru dan Karyawan MTsN 2 Magelang mengikuti Jalan Santai yang diselenggarakan madrasah. Sabtu, (01/10/2022).

Mengambil start dari halaman madrasah, peserta Jalan Santai terlihat asyik dan menikmati perjalanan yang menempuh rute sepanjang 3 km dengan menyusuri perkampungan warga di sekitar madrasah.

Waka urusan Kesiswaan, Imam Subarkah menjelaskan kegiatan jalan santai tersebut selain menjaga kebugaran warga madrasah, juga sebagai ajang menyapa warga masyarakat di sekitar madrasah.

“Dengan jalan santai ini kita berharap warga madrasah selalu bugar dan tetap sehat, dan sekaligus sebagai ajang menyapa warga masyarakat di sekitar madrasah,” kata Imam Subarkah.

Imam Subarkah menyampaikan kegiatan menyapa warga masyarakat di sekitar madrasah merupakan upaya yang dilakukan MTsN 2 Magelang dalam mengembangkan Budaya 3R (Respect, Responbility, Relationship) dalam mewujudkan prestasi para siswa. Sebab, keberadaan masyarakat yang baik dan peduli akan Pendidikan, menurut Imam Subarkah sangat penting dalam menciptakan kultur Pendidikan dan semangat belajar yang tinggi.

“Hubungan harmonis madrasah dan masyarakat sangat penting karena masyarakat juga menjadi kontrol bagi para siswa setelah keluar dari kelas. Melalui jalan santai, kemudian menyapa akan timbul keakraban antara masyarakat dengan madrasah. Terbukti masyarakat tidak sungkan menyampaikan keluhan dan saran terkait aktivitas para siswa saat di luar madrasah,” jelas Imam Subarkah.

Para siswa mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan tersebut, sebagaimana diungkapkan oleh Salma Nur Hidayah, siswa kelas 9 Olahraga.

“Senang rasanya ada kegiatan ini. Karena membuat saya jadi fresh. Kan seminggu sebelumnya saya baru saja ikut tes PHB,” kata Salma.

Sementara itu Ade Rahmat siswa kelas 9 Sains berharap kegiatan jalan sehat tersebut dapat diselenggarakan secara rutin dan diberikan doorprize bagi peserta.

“Kalau bisa rutin diselenggarakan kegiatan seperti ini. Selain bikin sehat juga menarik ada doorprize-nya,” ujar Ade Rahmat.

Pihak penyelenggara menyediakan berbagai macam doorprize bagi peserta yang dihimpun dari sumbangan sukarela guru dan karyawan.[KF/Sua]