Kepala Kemenag Kab. Pekalongan Hadiri Seminar Gerakan Toleransi Berbasis Rumah Ibadah Di Pura Kalingga Satya Dharma Linggo Asri.

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Dalam rangka pelaksanaan Tahun Toleransi 2022 Pengurus Pura Kalingga Satya Dharma Kabupaten Pekalongan menggelar Seminar Gerakan Toleransi Di Rumah Ibadah pada Ahad (18/12/2022) bertempat Pura Kalingga Satya Dharma Linggo Asri Kajen, Kabupaten Pekalongan.

Hadir dan memberi kata sambutan pada kegiatan seminar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sukarno, Pembimas Hindu Provinsi Jawa Tengah, I Dewa Made Artayasa, Direktur Urusan Agama Hindu Kemenag RI, Trimo

Dalam sambutannya Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sukarno menyampaikan apresiasinya kepada pengurus Pura Kalingga Satya Dharma yang telah mendukung program Kementerian Agama dalam pelaksanaan tahun 2022 sebagai Tahun toleransi dengan menggelar kegiatan seminar gerakan toleransi di rumah ibadah.

Dijelaskan Sukarno bahwa Kementerian Agama telah mencanangkan tahun toleransi. “Dengan pencanangan ini dapat dipandang sebagai tanda kerinduan untuk membangun hidup bersama yang toleran. Sekaligus, ia menjadi momen refleksi dan konsolidasi menguatkan kembali pentingnya toleransi dan peran kitalah untuk menjaganya”

“Toleransi yang benar-benar bukan sekedar diplomasi atau sopan-santun, melainkan sebuah jalan perjumpaan untuk menjalin persahabatan, damai serta keharmonisan berdasarkan kasih dan kebenaran tanpa kehilangan jati diri masing-masing yang khas. “jelasnya.

Dia menambahkan, Moderasi Beragama telah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

“Dengan masuknya Moderasi Beragama dalam RPJMN berarti menjadi mandat dan amanat bagi seluruh elemen bangsa Indonesia baik pemerintahan maupun masyarakat untuk menjalankannya, “pungkasnya.

Dengan dipandu moderator Awikoro Wartono, jalannya kegiatan seminar gerakan toleransi di rumah Ibadah berlangsung dengan lancar dan menarik. Hadir sebagai narasumber Ketua PHDI Jawa Tengah, Anak Agung Ketut Darmaja, Wakil Direktur Pasca Sarjana Universitas Wahid Hasyim Semarang, Sari Hernawati, Kepala SDN Rejosari 1 Semarang, Rustantiningsih dan Keynote Speaker Direktur Urusan Agama Hindu, Trimo. (MTb/bd)