Festival Durian Lolong 2023, Warga Berebut Gunungan

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Pemerintah Kabupaten Pekalongan kembali menggelar Festival Durian Lolong 2023, di Desa Lolong Kecamatan Karanganyar Kabupaten Pekalongan, Ahad (29/01/2023). Kegiatan ini merupakan ajang untuk mengenalkan salah satu produk unggulan Kabupaten Pekalongan kepada masyarakat luar. Hal itu dimaksud agar masyarakat mengetahui bahwa durian Kabupaten Pekalongan mempunyai rasa yang tidak kalah dengan daerah lain.

Kegiatan dimeriahkan oleh penampilan kirab gunungan durian dari empat RW di Desa Lolong, kontes durian unggulan, dan juga terdapat gunungan hasil bumi dari 19 kecamatan di Kabupaten Pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq turut hadir memeriahkan kegiatan Festival Durian yang diselenggarakan di Lapangan Rejomulyo, Desa Lolong, Kecamatan Karanganyar

“Walaupun hujan, tidak menyurutkan warga untuk tetap memadati arena, meski lapangan becek. Kami berterima kasih kepada Kecamatan Karanganyar dan seluruh desa di Kecamatan Karanganyar. Berkat bantuan serta seluruh pihak yang telah bekerja sama untuk mensukseskan acara ini,” kata Fadia Arafiq

Ribuan pengunjung memadati lokasi dari berbagai wilayah di Kabupaten Pekalongan maupun luar daerah, tampak sangat senang dan antusias menyaksikan berjalannya acara dan berebut mendapatkan buah durian pada gunungan hasil bumi yang disediakan

Kehebohan pengunjung juga terlihat saat panitia membagikan durian gratis sebanyak dua ribu porsi.

“Ramainya warga di sini, lantaran dua tahun tidak diselenggarakan acara seperti ini karena pandemi Covid-19,” ucapnya.

Pada saat mencicipi durian yang disediakan panitia, Bupati Fadia mengungkapkan bahwa durian lolong mempunyai cita rasa yang khas dan enak. “Ini jujur duriannya enak sekali.”

“Bukan karena saya Bupati lantas berkata begitu.”

“Tapi memang ini duriannya enak sekali,” ungkapnya.

Fadia berharap, dengan adanya festival durian ini para pedagang dan UMKM semuanya bisa laris. “Tahun depan, Pemkab Pekalongan akan bikin yang lebih meriah lagi,” tambahnya.

Sementara itu, warga Karanganyar, Waluyo (46) menyampaikan sengaja datang pagi-pagi bersama istri dan kedua anaknya untuk melihat gunungan durian yang diarak.

“Walaupun kondisi cuaca hujan, tapi tidak menyurutkan untuk bisa dapat durian yang dibagikan sama panitia,” katanya

Waluyo mengungkapkan, dapat tiga durian yang diletakkan di tempat mika.

“Enak banget duriannya.”

Dalam Festival Durian Lolong 2023 kali ini ada 6 desa yang menjadi peserta lomba durian unggulan. Dimana untuk Juara 1 diraih oleh petani durian asal Pedawang, Juara 2 dan Juara 3 diraih petani durian asal Desa Lolong. (MTb/bd)