Kehadiran Gedung SBSN Diharapkan Dapat Memacu Prestasi Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Mungkid – Kepala Kantor Kemenag Kab. Magelang, Panut, berharap kehadiran Gedung SBSN menjadi motivasi madrasah untuk lebih berprestasi. Hal tersebut disampaikan pada kegiatan Tasyakuran Gedung Baru SBSN, Kamis, 12/01/2022, di MTsN 4 Magelang.

Untuk meningkatkan prestasi madrasah, Panut, menginstruksikan agar Kompetisi Sains Madrasah (KSM)  dapat diikuti dan direncanakan dengan baik. Menuturkan pengalamannya, semua juara KSM tidak ada yang instan, tetapi dipersiapkan dalam jangka waktu yang panjang dengan metode dan trik-trik khusus dalam menjawab soal-soal dalam KSM.

“Tunjukkan prestasi madrasah dengan mempersiapkan KSM dengan baik. Bila perlu peserta KSM sudah dilakukan pembinaan lebih dulu, jika perlu donwload latihan-latihan soal KSM,” kata Panut.

Pencapaian prestasi anak didik tidak bisa dilepaskan oleh peran Guru di Madrasah. Panut mendorong para Guru untuk memperbarui kompetensi pedagogiknya. Kompetensi pedagogik adalah keterampilan atau kemampuan yang harus dikuasai seorang guru dalam melihat karakteristik siswa dari berbagai aspek kehidupan, baik itu moral, emosional, maupun intelektualnya. Dalam kompetensi pedagogik guru dituntut untuk dapat memahami peserta didiknya serta memahami bagaimana memberikan pengajaran yang benar pada peserta didik.

“Jadilah guru yang menjadi idola bagi para murid-muridnya. Jadikan anak-anak merasa kerasan dan bangga sekolah di MTsN 4 Magelang ini,” pesan Panut.

Panut meminta para Guru di MTsN 4 Magelang dapat kompak, tidak nge-blok, saling mendukung dan membantu menjalankan program kerja madrasah. Sikap “handarbeni” terhadap madrasah harus senantiasa ditumbuhkan sehingga kebersamaan dan kekeluargaan madrasah dapat terjaga dengan baik.

Usai melakukan pengguntingan pita menandai penggunaan Gedung Ruang Kelas Baru SBSN, Panut, mendapatkan penjelasan dari madrasah terkait fasilitas Kelas Digital. Panut berharap keberadaan Kelas Digital dapat diperbanyak karena Guru dapat melaksanakan pembelajaran dengan interaktif.

MTsN 4 Magelang mendapatkan bantuan sebanyak 6 Lokal Gedung RKB yang dibiayai oleh DIPA Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah dengan alokasi anggaran Rp. 3.319.155.000,00, dan terserap sebanyak 99,88% atau Rp. 3.387.101.667,00. Gedung Ruang Kelas telah dilengkapi mebeler siswa dan guru, almari besi, papan tulis, proyektor. Untuk 3 Ruang Kelas sudah dilengkapi dengan Penyejuk Udara (AC) dan Kelas Digital.

“Jangan hanya bangunannya yang bagus, dan siswanya banyak. Tetapi MTsN 4 Magelang harus bersuara di kabupaten Magelang dengan prestasi-prestasi yang gemilang,” pinta Panut.(m45k/Sua)