Salamun, Lakukan Supervisi GPAI Tingkat SD Se-Kecamatan Magelang Tengah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kota Magelang – Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Magelang, Salamun,  lakukan supervisi guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat Sekolah Dasar se-Kecamatan Magelang Tengah.

“Pengawasan yang telah dilakukan sejak bulan Januari hingga kini, berfokus pada pembinaan dan peningkatan kemampuan serta kinerja tenaga kependidikan di Sekolah dalam melaksanakan tugas untuk memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang peningkatan mutu kinerja guru dan minat belajar siswa,” ujar Salamun .

Ia juga menyampaikan bahwa pengawasan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seluruh proses administrasi pendidikan yang di tujukan utamanya untuk mengembangkan efektifitas kinerja personalia sekolah yang berhubungan dengan tugas-tugas kependidikan.

“Pengawasan kelas merupakan suatu agenda wajib yang dilakukan untuk mengamati dan menganalisis proses belajar mengajar di kelas. Jika ada guru yang enggan disupervisi, secara tidak lansung ia sudah menyadari bahwa cara mengajarnya belum layak. Guru yang hebat tidak akan mengeluh dan sangat simpati dengan kegiatan supervisi karena ia bisa mendapatkan penilaian dan arah kedepannya agar kualitas pembelajaran semakin baik. Ingat, tugas supervisi bukan untuk melatih namun untuk menganalisis dan memperbaiki kalau ada kekurangan,” lanjutnya.

Asensi supervisi akademik itu sama sekali bukan untuk menilai unjuk kerja guru dalam mengelola proses pembelajaran, melainkan membantu guru mengembangkan kemampuan profesionalismenya.

Pengawasan ditekankan pada pembinaan dan peningkatan kemampuan dan kinerja tenaga kependidikan di Sekolah dalam melaksanakan tugas untuk memperoleh pemahaman dan wawasan yang lebih luas tentang peningkatan Mutu kinerja Guru Dan minat belajar Siswa dalam menelaah silabus, materi, kegiatan pembelajaran dan rencana penilaian.

Kegiatan Supervisi yang dilaksanakan oleh Salamun ini mendapat tanggapan yang positif dari Pengurus KKG PAI Kecamatan Magelang Tengah Susi Endah N guru PAI SDN Kemirirejo 1, dan juga Sri Haryati Kepala SDN Kemirirejo 3, (Selasa, 7/2). (Salamun/Hari/rf).