MAN Pekalongan Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN, – Jumat (28/10/22) Civitas akademika MAN Pekalongan menyelenggarakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 tahun 2022 yang mengusung tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Upacara Hari Sumpah Pemuda diikuti peserta didik kelas X, XI, XII dan guru serta pegawai. Upacara dipimpin Drs. H. Syaefudin, M.Pd selaku inspektur upacara pukul 07.00 – 08.30 WIB di lapangan.

Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda berjalan khidmat. Tampak peserta didik dengan seragam pramuka berjajar rapi. Guru dan pegawai mengenakan seragam batik ASN kebanggaan negeri. Rangkaian urutan acara upacara disampaikan secara runtut. Peserta larut dalam upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Pada peringatan Hari Sumpah Pemuda dibacakan hasil konggres 28 Oktober 1928 tentang ikrar Sumpah Pemuda. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia dan menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa Indonesia. Ikrar ini sebagai perekat persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini menjadi penyatu persatuan dan kesatuan keberagaman bangsa Indonesia sampai sekarang. Ikrar ini bergelora di dada bangsa Indonesia.

Pada kesempatan Upacara Hari Sumpah Pemuda ke-94 dibacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Seluruh peserta mendengarkan sambutan menteri yang dibacakan Drs. Syaefudin, M.Pd dengan cermat dan saksama.

Hari Sumpah Pemuda menjadi sumber inspirasi dan teladan seluruh negeri. Bijak menyikapi keberagaman bangsa. Bersatu padu adalah harga mati untuk membangun bangsa. Peringatan ini menjadi momentum menumbuhkan semangat membangun bangsa dengan persatuan dan kesatuan.

Di penghujung acara lagu “Padamu Negeri”, “Satu Nusa” dan “Bangun Pemuda” dipandu dirigen digelorakan bersama para peserta upacara. Gaung lagu ini memompa semangat berkobar untuk menyatukan tekad menjaga persatuan dan kesatuan sebagai bagian bangsa Indonesia. Dirgahayu Sumpah Pemuda ke-94 bersama Bersatu Membangun Bangsa Indonesia.(MC-NA/MTb/bd)