169 Siswa MIM Kauman Ikuti International Kangaroo Mathematics Contest ( IKMC) 2023

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN – International Kangaroo Mathematics Contest 2023 atau yang disingkat IKMC 2023 adalah sebuah kompetisi Matematika Internasional yang telah dilaksanakan sejak tahun 1991 oleh Association Kangourou Sans Frontières yang diikuti lebih dari 98 negara.

Di Indonesia IKMC ini diselenggarakan oleh Klinik Pendidikan MIPA (KPM).  Selain bergerak dibidang pembelajaran, juga bergerak dalam penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA baik nasional
maupun internasional.

Di MIM Kauman pelaksanaan IKMC diketuai oleh M. Hisyam Khumaidi, S.Pd dan waka kurikulum Ninik Kusmiyati, S.Pd. Sejumlah 169 siswa MI Muhammadiyah Kauman mendapat kesempatan  untuk mengikuti ajang tersebut pada hari Rabu, 5 April 2023. 169 siswa tersebut terdiri dari 10 besar siswa yang mahir dalam pelajaran matematika tiap kelasnya. Adapun durasi waktu pengerjaan yaitu 75 menit untuk kelas 1 sampai dengan 4 dengan jumlah soal 24 dan 90 menit untuk siswa kelas 5 dan 6 dengan jumlah soal 30.

Pelaksanaan lomba di 17 ruang kelas dengan jumlah peserta tiap kelasnya 30 dan 1 guru pengawas. Tentunya sebelum pelaksanaan lomba IKMC tersebut, siswa yang terpilih sudah dibekali latihan soal untuk belajar di rumah masing-masing.

Siswa siswi MIM Kauman kami ikutsertakan di IKMC ini dengan tujuan selain mencari bibit-bibit yang berbakat di bidang matematika, tetapi juga agar siswa-siswi di MIM Kauman mampu bersaing di ajang lomba baik nasional maupun internasional. Agar mereka tidak asing dengan soal-soal berstandar internasional ” tutur kepala madrasah, Bapak Djoko Susilo, S.Pd.SD.

Selain yang dituturkan oleh kepala madrasah, secara umum tujuan adanya kompetisi IKMC 2023 yaitu: menjadi asesmen tingkat internasional di bidang matematika, membangun budaya kompetitif yang sehat pada siswa, agar siap menghadapi kompetisi pada kehidupan yang sesungguhnya, menambah pengalaman dan wawasan siswa terhadap soal-soal yang berstandar internasional, meningkatkan nalar, wawasan, kemampuan, dan kreativitas, serta minat siswa dalam dunia olimpiade, menyebarkan soal-soal internasional yang unik dan menarik ke seluruh siswa Indonesia, menumbuhkan serta meningkatkan kecintaan siswa terhadap bidang matematika, sehingga menghapus paradigma bahwa matematika adalah bidang yang menakutkan.

Adapun reward yang diberikan untuk siswa yaitu thropy bagi 3 siswa terbaik di tiap kelas pada perangkingan nasional, E- sertifikat yang di akui internasional untuk semua siswa yang menjadi peserta. Selain itu ada medali untuk siswa yaitu  5% medali emas, 10% medali Perak, 15 % medali perunggu dari rangking siswa secara nasional. Semoga siswa-siswi MIM Kauman mendapatkan hasil yang terbaik di kompetisi IKMC hari ini dan mendapatkan pengalaman yang berharga selama berlajar di MIM Kauman. (Lia/MTb/bd)