Sosialisasi Transformasi Jabatan Fungsional, Wujudkan Birokrasi Menjadi Agile

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Magelang (Humas) – Pada hari Rabu, 22 Juni 2023 telah dilaksanakan Sosialisasi PermenPAN RB Nomor 6 Tahun 2022 serta PermePAN RB Nomor 1 Tahun 2023 bagi Perencana di Lingkungan Kanwil Kemenag Prov. Jateng dengan narasumber Analis Kepegawaian Madya Kantor Regional BKN Yogyakarta Deli Indra Wahyudi  bertempat di Kota Magelang.

Tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pedoman bagi seluruh Jabatan Fungsional (JF) Perencana dari Kankemenag Kab/kota, Kanwil Kemenag, PTKIN, Balai Litbang dan Balai Diklat Keagamaan di Provinsi Jateng dalam penyusunan Sasaran Kinerja Pegawai dan Penilaian Kinerja Aparatur Sipil Negara dengan format baru sesuai dengan PermenPAN RB Nomor 6 Tahun 2022 serta PermenPAN RB Nomor 1 Tahun 2023.

Deli menjelaskan bahwa transformasi tata kelola Jabatan Fungsional  (JF) meliputi tugas dan ruang lingkup kegiatan JF, pola karir berbasis talent mobility dalam karir horizontal, vertikal, dan diagonal,  penyederhanaan jumlah JF berbasis pada klasifikasi JF serta pengembangan kompetensi JF yang mendukung pada pemenuhan kompetensi minimal JF.

Pada akhir pemaparan materi, Deli menekankan bahwa PermenPANRB No.1 Tahun 2023 diharapkan dapat menghindari bias dari para tim penilai disamping itu simplifikasi JF memberikan keleluasaan bagi atasan, dan bagi para JF tidak lagi terikat oleh butir-butir kegiatan yang kurang fleksibel dengan kebutuhan tugas yang diampu olehnya.

“Dengan adanya perubahan ini sehingga tranformasi tata kelola jabatan fungsional mampu mewujudkan birokrasi menjadi agile,” pungkasnya. (D/Rf)