18 Pasang Catin Ikuti Binwin , Demi Keluarga Samawa

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang-Delapan belas pasang calon pengantin (Catin) se eks Kotip Purwokerto mengikuti kegiatan pembinaan perkawinan (Binwin) angkatan ke 38 yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas melalui Kantor Urusan Agama (KUA) selama tiga hari dari tanggal 20 – 22 Juni 2022 yang diselenggarakan di aula KUA Purwokerto Timur.

Pelaksanaan Binwin bagi calon pengantin merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas setiap tahunnya , dimana pelaksanaannya akan digabungkan dari beberapa KUA dengan pembagian setiap per eks kawedanan. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan bekal dan pembinaan bagi calon pengantin sebelum melangsungkan pernikahan, hal ini  terkait dengan masih tingginya tingkat perceraian di Indonesia.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banyumas H. Aziz Muslim, pada saat membuka kegiatan Binwin angkatan ke 38 menyampaikan  bahwa Binwin harus diikuti oleh setiap catin karena banyak sekali kasus kandasnya rumah tangga disebabkan karena catin yang kurang persiapan.

” Angka perceraian di Indonesia dan Kabupaten  Banyumas masih termasuk tinggi , karena kurangnya kesiapan baik mental, emosional, ekonomi dan agama.” katanya.

Lebih lanjut Aziz menyampaiakan bahwa setiap pasangan suami istri pasti akan mengalami cobaan – cobaan , bahkan seorang nabipun mengalami cobaan.

“Ada yang dicoba melalui sakit dan kemiskinan, ada yang dicoba melalui istri atau anaknya dan sebagainya. Oleh karena itu Binwin menjadi media pembelajaran bagi catin untuk mengarungi bahtera rumahtangga agar menjadi keluarga yang  Samawa.” Jelasnya lebih lanjut dihadapan 36 peserta Binwin.

Sementara itu Kepala KUA Purwokerto Timur  Drs H Mukhzin Ash Shafikh menyatakan bahwa 18 catin yang mengikuti Binwin ini terlihat sangat antusias , hal ini dilihat dari undangan yang disebar semuanya hadir.

“ Sebenarnya masih ada beberapa pasang catin yang mendaftar umtuk mengikuti kegiatan Binwin ini , akan tetapi karena kuotanya terbatas kami arahkan untuk mengikuti Binwin di angkatan berikutnya”, papar Mukhsin.(yud/rf)