Dibanjiri Masyarakat, Perayaan Nuzulul Qur’an Sekaligus Haul Sheikh Muhamed Zayed dihadiri Wamenag

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Peringatan Nuzulul Qur’an sekaligus Haul Sheikh Zayed bin Sulthan Al-Nahyan digelar di Masjid Raya Sheikh Zayed Surakarta Sabtu malam (30/3/2024).

Diawali pembacaan ayat suci Al-Qur’an, acara dilanjutkan sambutan Duta Besar UEA (Uni Emirat Arab) untuk Indonesia, Mr. Abdulla Salem Aldaheri.

“Bahwa kerja sama antar-pemerintah UEA dengan Indonesia yang dipimpin Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin berjalan baik. Hubungan bilateral kedua negara diharapkan semakin baik ke depan. ” ucap Mr. Abdulla Salem Aldaheri.

Menurutnya, tanggal 19 Ramadan diperingati sebagai wafatnya pendiri UEA, Sheikh Zayed Al Nahyan. Sehingga hari aksi kemanusiaan Sheikh Zayed diperingati UEA untuk memberikan bantuan kepada yang membutuhkan, antara lain korban perang serta terdampak bencana alam. Bantuan kemanusiaan bisa dirasakan di berbagai wilayah di dunia termasuk di Indonesia.

Wakil Menteri Agama RI hadir dan membacakan sambutan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas yang mengajak semua untuk bersyukur atas hubungan persaudaraan erat antara UEA dan Indonesia. Kerjasama antar bangsa dalam kebajikan ini mengukuhkan perdamaaian dunia dan menyebar kasih sayang antara manusia.

“Mari kita gali spirit menjunjung tinggi Al-Qur’an untuk mendukung dunia baru yang damai, inklusif dan berdaya saing tinggi. Bahwa Al-Qur’an mengajarkan nilai keislaman, keadilan dan kedamaian sebagai pondasi peradaban,” ucap Saiful Rahmat Dasuki.

Sedangkan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam, Prof. Phil. H. Kamaruddin Amin yang didaulat memberikan ceramah mengenai Nuzulul Qur’an dengan menyampaikan dua pesan pentingnya.

“Pertama, di Ramadan tahun ini kita harus mendapatkan kondisi spiritual yang lebih baik. Kita harus berubah untuk bisa menerima potensi kebaikan yang ada dalam diri kita. Karena kita banyak berbuat dosa dan melupakan perintah Allah SWT, sehingga transformasi menjadi hal penting dalam kehidupan manusia,” terang Kamaruddin Amin.

Dilanjutkan pemberian penghargaan dari UEA untuk Indonesia yang diserahkan Dubes UEA kepada Wakil Menteri Agama RI.

Pada peringatan Nuzulul Qur’an 1445 H kali ini, Kepala Bidang Urusan Agama Islam, Zainal Fatah hadir mewakili Kakanwil Kemenag Prov. Jateng. Hadir pula Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, H. Adib, Pj. Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, Imam Besar Masjid Raya Sheikh Zayed, K.H. Abdul Rozaq Shofawi, Wali kota Surakartra, Gibran Rakabuming Raka dan Wakil Walikota, Teguh Prakosa, serta Forkompimda Kota Surakarta.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan ramadan di bawah arahan Direktur Program, H. Bagus Sigit Setiawan, Direktur Masjid, Munajat, dan Imam Besar Masjid, KH. Abdul Rozaq Shofawi.(S)