3 Saran Pengawas PAI

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang – Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementerian Agama Kota Semarang, H.M. Faojin, Selasa (9/5/2023), melaksanakan kunjungan ke SD Negeri Gebangsari 01 Semarang.

Kunjungan ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas evaluasi, pengawasan, dan pembinaan rutin terhadap GPAI binaannya.

Dalam kunjungannya, ia disambut hangat oleh Philipus Catur Hari Prayitno selaku Kepala Sekolah dan GPAI SDN Gebangsari 01.

Pada kesempatan itu, Bapak Faojin melaksanakan supervisi pelaksanaan Ujian Praktek PAI di SDN Gebangsari 01 Semarang. Beberapa hasil evaluasi dan arahan yang disampaikannya kepada Kepala Sekolah diantaranya, usulan adanya ujian susulan bagi siswa kelas VI pada materi yang belum tuntas, menyelipkan muatan pembelajaran melalui pembiasan perilaku baik/beribadah bagi siswa kelas I-V, dan saran penyusunan program pendidikan yang berorientasi pada nilai ibadah.

“Bagi siswa kelas VI yang melaksanakan Ujian Praktek dengan hasil dibawah KKM atau belum tuntas, agar setelah ujian tetap diberi tagihan atau ujian susulan pada materi yang belum tuntas, dan berkoordinasi dengan orang tua murid,” tutur Faojin.

“Untuk memenuhi ketuntasan siswa kelas I-V dalam praktek fikih khususnya dalam menghafal guru diharapkan mempersiapkan program-program pembelajaran tambahan yang menunjang penuntasan tersebut dengan melaksanakan pembiasaan-pembiasaan yang diselipkan saat kegiatan pembelajaran,” sambungnya.

“Dan terakhir, sekolah diharapkan membuat program-program yang berorientasi pada nilai-nilai ibadah seperti, salat dhuha yang dilaksanakan pada saat jam istirahat, dengan pengaturan jadwal dan pendampingan guru kelas,” paparnya.

Philipus Catur Hari Prayitno mengatakan, saran yang disampaikan oleh H.M. Faojin, akan segera ditindaklanjuti.

“Kunjungan Bapak Faojin merupakan cambuk pacu bagi kami, utamanya GPAI, untuk melakukan inovasi pembelajaran yang lebih baik di masa yang akan datang,” ungkapnya.(Caturi/Faojin/NBA/bd)