Anggota Komisi VIII DPR RI Sebutkan Titik Peningkatan Layanan Haji Tahun Ini

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Boyolali (Humas) – Pelayanan haji tahun ini dipastikan lebih baik dari tahun kemarin. Hal ini diungkapkan oleh Anggota Komisi VIII DPR RI, Abdul Wachid dalam kunjungannya ke Embarkasi Solo, Rabu (29/5/2024).

Wachid menyebutkan beberapa peningkatan layanan haji tahun ini. Dimulai dari layanan fast track,  bidang akomodasi, transportasi, katering, dan armuzna.

“Tahun ini jemaah sudah mendapatkan layanan fast track di Bandara di Indonesia. Sehingga sampai di tanah suci tidak usah pemeriksaan lagi, langsung naik bus dan menuju ke hotel,” kata Wachid.

Demikian pula soal katering, pemerintah menyediakan makanan khas Indonesia yang semua bahannya berasal dari Indonesia. Disediakan pula menu lansia seperti bubur, juga buah dan sayur.

 “Untuk akomodasi, kami minta yang lansia ditempatkan di lantai bawah, jangan di atas yang tinggi-tinggi,” ucapnya.

Terkait layanan armuzna, ia memastikan kejadian tahun lalu tidak akan terulang lagi. Pasalnya, pintu arofah dikhususkan hanya untuk jemaah haji resmi yang memiliki smart card. Smart card adalah kartu pintar haji yang akan dipakai jemaah ke wilayah Arafah, Muzdalifah dan Mina.

“Kalau gelang sama seragam haji mungkin bisa dipalsu. Tapi smart card tidak bisa dipalsu. Jadi yang bisa masuk hanya jemaah haji yang resmi,” jelas Wachid.

Wachid juga mengungkapkan, jemaah haji tahun ini tidak ditempatkan di Mina Jadid yang jaraknya 8 km dari jamarat, tapi ditempatkan di Muaishim yang hanya berjarak sekitar 2 km dari jamarat.  “Adapun bis shalawat tersedia 24 jam bagi jemaah Indonesia,” imbuhnya.  

Dalam kunjugan ini, Wachid berpesan kepada jemaah untuk jangan ragu berkonsultasi dengan tim kesehatan apabila ada gangguan kesehatan. Tim kesehatan akan siaga 24 jam. Wachid mengutarakan, tahun ini jemaah haji mendapatkan izin ke raudhah hanya sekali. “Maka dari itu, manfaatkan sebaik-baiknya kesempatan di Raudhah ini,” pesannya.

Turut membersamai, anggota DPR RI komisi VIII Ace Hasan Syadzily, My Esti Wijayati dan Endang Maria Astuti, serta Direktur Pengelolaan Dana Haji dan Sistem Informasi Haji Terpadu Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Ramadhan Harisman.

Hadir pula Wakil Ketua II PPIH Embarkasi Solo Mukhamad Yusuf, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jateng, Fitriyanto, Kepala Asrama Haji Donohudan Dyah Srimawarti dan Vice President Umrah, Hajj & Charter Business Ubay Ihsandi.

Dalam kesempatan ini, rombongan komisi VIII DPR RI melepas keberangkatan kloter 63 SOC dan menyambut kedatangan kloter 67 SOC. Rombongan juga meninjau dapur katering Embarkasi Solo. – iq/at/mul