081128099990

WA Layanan

081393986612

WA Pengaduan

Search
Close this search box.

Aplikasi SIMAN V.2, Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan BMN

Semarang (Humas)  – Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Prov. Jateng menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Pendampingan SIMAN V2 untuk meningkatkan kapasitas aparatur sipil negara (ASN). Kegiatan ini berlangsung di Auditorium Majeng pada Senin (21/10/2024).

Bimtek tersebut dibuka oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Prov. Jateng Wahid Arbani didampingi Ketua Tim Kerja Keuangan dan BMN Siti Chomariah berserta jajarannya, dan di hadiri pula oleh Direktorat PKKN DJKN Kemenkeu Satrio Hernawan Wibowo. Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman mengenai penggunaan aplikasi SIMAN V2 yang dirancang untuk mempermudah pengelolaan data dan laporan di lingkungan Kemenag Jateng.

Kabag TU Wahid Arbani menginformasikan bahwa SIMAN adalah aplikasi yang mendukung pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) mencakup berbagai aspek seperti perencanaan, pemanfaatan, dan penghapusan aset negara. SIMAN V2 yang menggantikan SIMAN V1 diimplementasikan sesuai dengan PMK Nomor 118 Tahun 2023 dan KMK Nomor 125/KM.6/2024. Implementasi SIMAN V2 akan dilakukan secara bertahap oleh seluruh Kementerian/Lembaga mulai Juli hingga Desember 2024.

“Pendampingan ini dapat menjadi langkah awal dalam proses pembaharuan dan perbaikan yang berkelanjutan pada satuan kerja di lingkungan Kanwil Kemenag Jateng, serta mendorong efisiensi dan efektivitas dalam pengelolaan aset negara di masa depan,” ungkap Wahid Arbani.

Lebih lanjut, Direktorat PKKN DJKN Kemenkeu Satrio Hernawan Wibowo menyampikan bahwa optimalisasi SIMAN V2 merupakan langkah strategis untuk memperkuat transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan aset negara. 

“SIMAN V2 ini sebagai platform terbaru dari Sistem Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) yang dirancang untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan Barang Milik Negara,”  tuturnya.  

Dalam Bimtek ini, peserta diberikan pelatihan fitur-fitur baru SIMAN V2 dan cara mengoptimalkan penggunaannya dalam pekerjaan sehari-hari. Selain itu, pendampingan juga dilakukan agar ASN dapat menerapkan pengetahuan yang di dapat secara langsung di unit kerja masing-masing.

Bentuk pendampingan melalui metode bimbingan dan simulasi langsung dalam pengimputan data dan pengelolaan aset penggunaan SIMAN V2. Pelatihan ini merupakan langkah penting untuk menghadapi tantangan era digital dan meningkatkan pelayanan publik. (Ay/Da/Bel)

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
Skip to content