ASN Kemenag Kendal Ikuti CAT IPMB

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Kendal – Ratusan ASN di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kendal mengikuti Survei Indeks Profesionalisme dan Moderasi Beragama (IPMB) yang dilaksanakan serentak dari tingkat Pusat hingga daerah, Selasa (27/12). Survei ini digelar berbasis Computer Assisted Test (CAT) di dua titik lokasi yakni di MAN Kendal dengan 4 sesi dan MTs N 2 Kendal dengan pembagian 2 sesi.

Monitoring pelaksanaan CAT, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kendal menuturkan tujuan pelaksanaan survey adalah untuk mendukung pelaksanaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 dan Rencana Strategis Kementerian Agama.

“Tahap pertama, survei diikuti seluruh Pegawai ASN Kementerian Agama. Survei dilaksanakan secara serentak berbasis lokasi kabupaten/kota pada hari Selasa tanggal 27 Desember 2022. Survei juga sebagai upaya mewujudkan sumber daya manusia aparatur yang profesional dan moderat,” jelas Kakan Kemenag Mahrus.

Sebelumnya ASN mengisi data melalui pendaftaran online dan mementukan titik lokasi untuk tes. Pada pelaksanaannya ASN harus menjawab sejumlah pertanyaan pilihan ganda untuk mengukur statistik kualitas ASN yang berdasarkan kualifikasi pendidikan, kompetensi, kinerja dan kedisiplinan pegawai ASN dalam melakukan tugas jabatannya.

Sebagaimana diketahui bahwa profesionalitas ASN merupakan kunci keberhasilan ASN dalam melaksanakan fungsinya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa. Instansi pemerintah sebagaimana organisasi pada umumnya menuntut adanya profesionalisme pegawainya sebagai kunci keberhasilan bagi proses penyelenggaraan pelayanan kepada masyarakat. Penyusunan indeks profesionalitas ASN secara Nasional ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh masyarakat. (bel/rf)