Asyiknya Siswa Kelas 1 Belajar Menghias Totebag dengan Teknik Ecoprint

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN –  21 Januari 2023,  Siswa kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Kauman melaksanakan salah satu kegiatan P5RA di semester 2. Menghias totebag dengan ecoprint menjadi pilihan di semester 2 tahun pelajaran 2022/2023 ini.

Sekitar 79 siswa serentak membuat karya dengan tehnik pounding. Yaitu memukulkan daun atau bunga ke atas kain menggunakan palu. Kali ini kelas 1 menggunakan totebag putih.

Kegiatan dilaksanakan di kelas 1A, 1B dan 1C. Dengan mengikuti arahan dari wali kelas. Semua siswa mengikuti langkah demi langkah. Mulai dari melapisi totebag dengan plastik, menata bunga/daun, dan memalu.

Setelah selesai, totebag itu di rendam ke dalam air tawas selama kurang lebih 1 jam kemudian dikeringkan di bawah sinar matahari.

Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan bagi siswa-siswi kelas 1 , bagaimana tidak, mereka dapat menghias totebag menggunakan pewarna alami dari daun/ bunga yang ada di lingkungan. Kegembiraan terpancar saat mereka berfoto bersama dengan wali kelas dan kepala madrasah sambil menunjukkan hasil kerja mereka.

“Dalam kegiatan menghias totebag dengan ecoprin ini siswa jadi tahu manfaat potensi lokal berbagai daun dari tumbuhan yang ada di lingkungan untuk pewarnaan alami pada pembuatan batik ecoprint. Nilai karakter yang ditanamkan yaitu siswa dapat menghargai karya orang lain, mencintai lingkungan sekitar. Guru juga memberikan penguatan manfaat produk ecoprint dan rangkaian kegiatan ekonomi dari proses pembuatan ecoprint. ” tutur Kepala Madrasah, Djoko Susilo, setelah menghadiri sesi foto bersama siswa kelas 1. (Lia/MTb/bd)