Bangga, Tsanega Unjuk Kebesaran Madrasah

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Banyumas (Umas)-Hampir seribuan peserta terdiri dari siswa, guru, karyawan dan sebagian komite madrasah mengikuti pawai ta’aruf yang digelar oleh MTs Negeri 3 Banyumas pada Sabtu 6 Agustus 2022 pagi. Acara yang digelar sebagai rangkaian kegiatan memperingati tahun baru 1444 H itu mengusung tema yang sama dengan peringatan HUT RI ke 77 tahun 2022 yakni “pulih lebih cepat, Bangkit lebih Kuat”.

Menurut Waka kesiswaan Aji Mahardika , kegiatan ini sebenarnya merupakan agenda rutin yang digelar di setiap tahun. “Kebetulan tahun ini, momennya bersamaan dengan bulan kemerdekaan yakni Agustus, sehingga kita ambil spirit yang sama dengan hari kemerdekaan”, katanya saat menyampaikan kepada Tim liputan, (Sabtu, 6/8/2022).

“Pawai ta’aruf ini, merupakan salah satu upaya untuk lebih mendekatkan madrasah kepada masyarakat. Alhamdulillah, sambutan masyarakat sangat luar biasa”, sambungnya.

Kegiatan dimulai dari madrasah dan finish di lapangan kecamatan Sumbang kabupaten Banyumas. Seluruh siswa mengenakan kostum kebanggaan mereka sesuai dengan pilihan ekstrakurikuler yang berjumlah 19 cabang kegiatan ekstrakurIkuler.

Dalam apel pembukaannya, Kepala Madrasah, Syarif Hidayat, menyampaikan pesan agar kegiatan ini dilaksankan dengan mengedepankan semangat dan meneladani perjuangan Nabi dalam melaksanakan hijrah. Pada saat bersamaan kita juga harus meneladani peran para pahlawan dalam mengantarkan kemerdekaan RI.

“Merdeka…merdeka… merdeka, dengan mngucapkan bismillahirrohmaanirrohiim kita mulai pemberangkatan pawai ta’aruf TSANEGA 2022”, kata beliau saat apel dan pemberangkatan.

Pada kesempatan lainnya, Kepala Desa Silado, Iwan, yang menyampaikan sambutan pada acara penutupan pawai, memberikan amanat dan pesan kepada para siswa dan keluarga besar madrasah.

“Jaga terus spirit hijrah, esensinya adalah kalian harus berubah menjadi lebih baik. Tidak kalah penting pula, spirit HUT RI juga harus selalu dimaknai oleh kita termasuk kalian, harus terus belajar agar betul-betul kalian bisa merasakan kemerdekaan,” ungkapnya.


Sebelum penutupan Aji Mahardhika memberikan yel-yel, “siapa kita?”, kemudian dijawab secara serentak:”TSANEGA”. Dilanjut dengan pertanyaan kedua, “apa itu?”, dan dijawab serentak: “Tsanawiyah Negeri 3 Banyumas.” tutupnya. (sh/rf).