Bazaar UMKM Ramadhan 1444 H, Kemenag Buka Stand Layanan Sertifikat Produk Halal

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

KAB.PEKALONGAN,- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan turut berpartisipasi membuka Stand Pelayanan Sertifikasi Produk Halal pada gelaran Bazar UMKM Ramadhan yang diselenggarakan di Gedung UMKM Center oleh Pemerintah Kabupaten Pekalongan melalui kolaborasi dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kabupaten Pekalongan.

Ketua Tim Satgas Layanan Sertifikasi Halal Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Nurul Furqon menuturkan adanya Bazar UMKM Ramadhan ini merupakan momen yang tepat untuk menyukseskan salah satu target pemerintah untuk melakukan sertifikasi halal pada semua produk makanan, minuman, jasa dan produk sembelihan serta bahan baku, bahan tambahan pangan dan bahan penolong untuk produk makanan dan minuman yang diberi tenggat waktu sampai 17 Oktober 2024 karena bazar ini diikuti tidak kurang dari 60 pelaku usaha mikro dan kecil.

Selain itu, Nurul Furqon juga menghimbau melalui beberapa media, bagi pelaku usaha yang belum berpartisipasi  dalam gelaran bazar saat ini, untuk dapat mengunjungi stand pelayanan sertifikasi halal dan mengurus sertifikasi halal atas produknya. “Pesanya.

Kegiatan Bazar UMKM Ramadhan dibuka langsung oleh Bupati Pekalongan Fadia Arafiq, pada Jumat (31/3/2023) sore, di UMKM Center Jalan Raya Wonopringgo. dan akan digelar selama 14 hari, dari 30 Maret sampai dengan 12 April 2023 dengan jam operasional dari pukul 15.00 sampai dengan 21.00 WIB.

“Biasanya memasuki Bulan Puasa ini harga-harga kebutuhan masyarakat naik tidak terkontrol. Bazaar ini diadakan untuk menekan angka inflasi di Kabupaten Pekalongan, “Ucap Bupati kepada awak media seusai acara pembukaan.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pekalongan bekerjasama dengan BUMN dan BUMD menggelar bazaar ini agar masyarakat dapat membeli kebutuhan dengan mudah. “Harapan saya, UMKM yang ada disini bisa laris dan maju, berani berkiprah, berani mengeluarkan produk-produk andalannya,” kata Fadia.

Untuk lebih mensupport UMKM, rencananya kedapan gedung UMKM Center akan dibuka untuk para UMKM dengan biaya yang murah.

Sementara itu, Ketua Dekranasda Kabupaten Pekalongan Mukhtaruddin Ashraff Abu mengucapkan terimaksih kepada beberapa pihak yang telah membantu terselenggaranya bazaar ini, daiantaranya Kementerian, BI dan lainnya. “Semoga acaranya bisa lancar dan semoga acara seperti ini bisa kita adakan setiap tahun,” harapnya.

Ashraff berharap UMKM di Kota Santri tidak patah semangat, jangan merasa kecil dan rendah diri akan tetapi harus berani bersaing. “setiap pebisnis besar asalnya dari kecil, kalau kita tidak percaya diri, tidak berani bersaing, kita tidak akan besar,” ucapnya. (MTb/bd)