Bekali Catin Ilmu Membangun Rumah Tangga, Kemenag Kembali Gelar Bimwin

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print
KAB.PEKALONGAN,- Bertempat di Gedung Balai Nikah dan Manasik Haji KUA Kedungwuni II Kecamatan Karangdadap, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan kembali menggelar kegiatan bimbingan perkawinan bagi calon pengantin pada Selasa (4/10/2022)

Adapun materi yang diusung dalam bimwin yakni mencangkup materi Perkawinan dari sudut pandang Agama dan Kesehatan diantarnya yakni Mempersiapkan keluarga sakinah, Mengelola Psikologi dan Dinamika Keluarga, Menjaga Kesehatan Reproduksi, Memenuhi Kebutuhan dan Mengelola Keuangan Keluarga, dan Mempersiapkan Generasi Berkualitas.

Acara dibuka dengan Pre-Test dan ditutup dengan Post Test sekaligus evaluasi dan refleksi. Kepala Seksi Bimas Islam Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan M. Irkham  mengatakan dalam sambutannya bahwa Kegiatan Bimwin ini adalah merupakan ikhtiar pemerintah dalam merespon tingginya tingkat perceraian yang terjadi dimasyarakat, melalui kegiatan ini diharapkan setiap Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga dengan pondasi yang kokoh, sehingga kedepannya terhindar dari perceraian, “tuturnya.

“Setiap pernikahan haruslah dipersiapkan secara matang oleh calon pengantin, wawasan keilmuan perkawinan dalam mengarungi bahtera rumah tangga mesti dikuasai, banyaknya perceraian di usia perkawinan yang masih muda karena kurangnya pengetahuan dan persiapan yang baik, agar tidak terjadi perceraian maka harus dipersiapkan mental dan fisiknya, serta memiliki bekal pengetahuan cukup dalam mengarungi kehidupan perkawinan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pekalongan, Sukarno, menyampaikan dalam paparannya tentang bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang efektif,
“Pahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, hitung seluruh pendapatan, buat daftar pengeluaran prioritas bulanan, siapkan dana darurat, jaga rasio hutang, alokasikan untuk tabungan, asuransi, dan investasi, “paparnya.

Dalam proses mencapai sebuah tujuan, tentunya kita perlu melakukan sebuah perencanaan secara matang dan seksama. Hal ini juga berlaku di kehidupan berkeluarga, khususnya untuk hal yang terkait dengan keuangan keluarga. Melihat dari berbagai kebutuhan yang dimiliki setiap keluarga, melakukan perencanaan keuangan dalam rumah tangga dapat memudahkan kita untuk mencapai tujuan keluarga, “jelasnya. (Cokro HS/MTb/bd)