Berhasil Menjadi Nominator Penerima PAI Award Tahun 2024, Delapan Penyuluh Jawa Tengah Matangkan Presentasi

Facebook
Twitter
Telegram
WhatsApp
Email
Print

Semarang (Humas) – Perhelatan Penyuluh Agama Islam Award Nasional Tahun 2024 akan segera digelar di Jakarta pada pertengahan Juli ini. Seleksi PAI Award 2024 dilakukan dalam dua tahap dengan delapan kategori yang dilombakan. Seleksi tahap satu telah dilaksanakan pada tanggal 11 s.d. 13 Juni 2024 di Hotel Horison Ultima Bhuvana Ciawi Bogor dan dari masing-masing kategori hanya dipilih 10 nominator/finalis.

Masing-masing Kantor Wilayah Kementerian Agama seluruh Indonesia mengirimkan peserta yang jumlahnya lebih dari 300 orang. Delapan peserta dari Kanwil Kemenag Jawa Tengah berhasil masuk sebagai nominator dalam semua kategori yang dilombakan dan merupakan nominator terbanyak dibandingkan Provinsi lain.

“Alhamdulillah peserta PAI Award dari Jateng dua tahun berturut-turut (2023 dan 2024) masuk nominator/finalis seluruh kategori lomba PAI Award Nasional dengan urutan rangking satu dan dua, dan satu peserta berhasil meraih Award kategori Pemberdayaan Ekonomi Umat pada 2023, mohon do’a dan support semoga seluruhnya meraih Award Nasional,” jelas Achmad Syalabi, Ketua TIM Bintek dan Supervisi Penyuluh Agama Islam.

Kegiatan dimulai dari seleksi PAI Award tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2024 pada bulan Mei kemarin, di hotel Grand Wahid Salatiga, 6 s.d. 8 Mei 2024. Dalam kegiatan tersebut kemudian didapatkan satu peringkat terbaik dari masing-masing kategori yang kemudian diberikan pembinaan secara serius dan maksimal untuk kemudain diusulkan maju mewakili Jawa Tengah dalam ajang PAI Award Nasional 2024.

Delapan orang nominator perwakilan Jawa Tengah ini akan melaksanakan seleksi tahap dua yang direncanakan berlangsung di Jakarta pada pertengahan bulan Juli ini. Sebagai bentuk keseriusan dalam menyiapkan peserta PAI Award, kini Tim Bimtek dan Supervisi Penyuluh Agam Islam mematangkan kesiapan presentasi seluruh peserta dengan melakukan latihan presentasi secara rutin, baik melalui daring maupun luring. Karena presentasi adalah salah satu aspek yang akan dinilai oleh dewan juri, selain portofolio, video pendek dan karya tulis Ilmiah.

Berikut ini delapan peserta dari Jawa Tengah yang merupakan nominator PAI Award Nasional Tahun 2024:

  1. Rosyid Muhammadi, Kategori Peningkatan Literasi Al Qur’an dari Kabupaten Wonosobo;
  2. Imam Khambali, Kategori Pendampingan Kelompok Rentan dari Kabupaten Banjarnegara;
  3. Umi Khoirun Nisa, Kategori Kesehatan Masyarakat dari Kabupaten Temanggung;
  4. Ikhsanuddin, Kategori Pemberdayaan Ekonomi Umat dari Kabupaten Purworejo;
  5. Mustaqim, Kategori Penegakan Hukum dari Kota Salatiga;
  6. Sugeng, Kategori Pelestarian Lingkungan dari Kabupaten Banjarnegara;
  7. Muh. Ngirhashon, Kategori Metode Penyuluhan Baru, dari Kabupaten Klaten dan;
  8. Syarif Hidayatullah, Kategori Penguatan Moderasi Beragama dari Kota Semarang.